• Cakupan: 139 Kota
  • 1,823 Kelurahan
  • 4,284 Gedung
  • 1,162,446 Homepass
logo-biznet
3 Cara Mudah Melakukan Bandwidth Test, Yuk Cermati!

3 Cara Mudah Melakukan Bandwidth Test, Yuk Cermati!

POSTED ON October 23, 2020
0 people find this helpful

Memiliki bandwidth yang besar menjadi keinginan setiap orang ketika akan berlangganan satu paket Internet dari provider tertentu. Idealnya, dengan bandwidth yang besar maka kecepatan Internet yang ditawarkan juga akan lebih tinggi. Namun demikian, pernahkah terpikir oleh kamu untuk melakukan bandwidth test guna memastikan kebenaran promo yang diberikan oleh provider Internet?

 

Melakukan bandwidth test sebenarnya hampir sama dengan melakukan tes kecepatan Internet. Bedanya, tes yang satu ini harus dilakukan berulang kali untuk mendapatkan angka yang pasti pada kapasitas total dari bandwidth yang disediakan oleh provider.

Bandwidth Test Menggunakan Situs atau Aplikasi Pihak Ketiga

 

Cara ini mungkin akan paling banyak kamu temukan, sebab melibatkan pihak ketiga, yang mana pihak ini biasanya adalah perusahaan mandiri yang menawarkan jasa tersebut. Namun demikian, hasil yang didapatkan juga bisa menjadi acuan, selama kamu mencoba mengetes sebanyak beberapa kali pada beberapa layanan berbeda.

 

Caranya juga cukup mudah, tinggal masuk ke situs yang menyediakan layanan bandwidth test, kemudian masukkan IP yang kamu miliki. Klik Start, dan pengecekan akan dilakukan secara real-time. Setelah beberapa saat akan muncul hasil yang biasanya ditampilkan dalam Kbps atau Mbps, tergantung kecepatan dan bandwidth dari layanan yang kamu gunakan.

 

Lakukan pengetesan pula pada layanan lain dengan cara serupa. Setelah melakukan bandwidth test sebanyak beberapa kali, kamu akan mendapatkan kecenderungan angka yang saling berdekatan. Pemeriksaan beberapa kali ini harus dilakukan sebab terkadang pengecekan menghasilkan angka yang terlalu tidak masuk akal, entah terlalu rendah atau terlalu tinggi. Maka dengan pemeriksaan beberapa kali dan mendapatkan beberapa hasil, kamu bisa mengambil rata-ratanya.

 

Pengunduhan dan Pengunggahan File

 

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan mengunduh dan mengunggah file dalam ukuran tertentu. Cara ini juga disarankan untuk dilakukan beberapa kali dan atau secara simultan agar mendapat hasil yang lebih relevan untuk mengetahui besaran bandwidth yang diberikan oleh provider. Caranya cukup mudah, kamu tinggal menentukan file yang akan dijadikan objek utama pengunggahan dan pengunduhan, lalu eksekusi aksi tersebut beberapa kali.

 

Pastikan file yang diunggah dan diunduh adalah file yang sama, untuk menjaga agar hasil yang diberikan bisa cukup representatif. Biasanya kecepatan pengunggahan akan berbeda dengan pengunduhan, namun hal ini bukan hal yang aneh. Kecepatan ini akan dipengaruhi lokasi, paket yang kamu pilih, serta kualitas provider yang kamu gunakan. 

 

Lakukan pemeriksaan beberapa kali dan catat hasilnya. Misalnya, untuk file sebesar 1 GB, pengunduhan diperlukan waktu selama 5 menit. Sedangkan file yang sama akan memerlukan waktu misalnya 8 menit untuk pengunggahan. Ketika hasil yang didapatkan sama setelah beberapa kali pengetesan, maka angka tersebut bisa dirata-rata dan didapatkan hasil yang cukup representatif.

Berkonsultasi Langsung dengan Customer Service

 

Mungkin terdengar sebagai cara yang paling cheezy, namun tidak dapat dipungkiri kamu bisa mengetahui bandwidth optimal dari satu provider dengan berkonsultasi langsung pada customer service melalui berbagai media. Bisa melalui layanan telepon, media sosial, atau bahkan email.

 

Hal yang wajib kamu tanyakan adalah kecepatan ideal, bandwidth yang diberikan, FUP dari paket yang ditawarkan, serta cakupan atau jangkauan layanan yang dimiliki oleh provider tersebut. Jangan ragu untuk menanyakan hal tersebut secara langsung agar mendapatkan angka ideal pada paket yang kamu minati.

 

Satu hal yang harus diingat, bahwa setiap customer service akan memberikan informasi positif terkait produk dari provider tersebut. Kamu harus cermat dalam mencerna jawaban dari CS yang kamu hubungi sehingga bisa memperkirakan angka normal pada layanan yang diberikan. Ingat, jadilah pelanggan yang pintar dan jangan malas untuk melakukan riset dan perbandingan. Demi layanan Internet berkualitas, tidak ada salahnya bukan mempertimbangkan dengan matang?

 

Melakukan bandwidth test, baik sebelum atau ketika menggunakan layanan Internet tertentu disarankan untuk dapat mengetahui bandwidth normal yang diberikan oleh provider tersebut. Setiap provider idealnya akan menawarkan bandwidth besar, dengan embel-embel kata ‘up to .... Mbps’, ini yang harus kamu waspadai agar tidak terjebak bahasa pemasaran.

 

Untuk memilih layanan provider Internet sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya diperlukan sedikit kesabaran dan ketelatenan mengulik informasi. Dengan berbekal informasi yang kamu dapatkan, kamu dapat membuat pertimbangan matang dan mengambil keputusan yang tepat. 


Melakukan bandwidth test secara rutin disarankan agar dapat membantu mengontrol kualitas layanan yang kamu gunakan. Untuk bandwidth besar dan kecepatan tinggi, kamu bisa melihat paket yang ditawarkan oleh Biznet Home. Dengan didukung oleh infrastruktur yang mumpuni untuk mendistribusikan bandwidth dengan kapasitas besar, menjadikan layanan Biznet Home memiliki kualitas Internet terbaik di kelasnya. Pilih paket Internet terjangkau sesuai dengan kebutuhan, dan nikmati Internet cepat dan stabil di jaringan Biznet Home!