• Cakupan: 113 Kota
  • 1,555 Kelurahan
  • 3,271 Gedung
  • 851,808 Homepass
logo-biznet
4 Kategori Jaringan Internet yang Biasa Digunakan

4 Kategori Jaringan Internet yang Biasa Digunakan

POSTED ON August 10, 2020
0 people find this helpful

Dalam berselancar di dunia maya, Internet  menjadi ‘perangkat’ utama yang wajib kamu gunakan setiap hari. Melalui smartphone atau perangkat komputer lainnya, tersambung dengan Internet jadi syarat untuk bisa mengakses informasi secara bebas. Tapi tahukah kamu sebenarnya jaringan Internet bisa digolongkan berdasarkan beberapa kategori?

Mungkin sebagian besar dari kamu merasa bahwa hal yang terpenting adalah ketika kamu bisa terhubung dengan Internet yang lancar. Namun, kamu juga perlu memahami ada pembagian jenis jaringan Internet yang bisa saja membantu kamu untuk mengoptimalkan jaringan yang kamu gunakan. Ini dia beberapa informasinya buat kamu.

Jaringan Internet Berdasarkan Jangkauannya

Pada kategori ini, Internet dapat dibagi menjadi 5 jenis, yakni:

 

  1. Personal Area Network atau PAN, yang diartikan sebagai lingkup jaringan Internet yang sangat kecil dan memiliki batas jangkauan kurang dari 10 meter saja. Salah satu contoh untuk jenis ini adalah koneksi tethering nirkabel.

 

  1. Home Area Network atau HAN, memiliki cakupan lebih luas yakni sekitar area seluruh rumah. Contoh paling sederhananya adalah ketika kamu memasang WiFi di rumah, cakupan Internetnya hanya bisa digunakan selama kamu berada di area rumah.

 

  1. Local Area Network atau LAN, mencakup wilayah yang lebih besar lagi, sekitar 1 km2. LAN digunakan dalam satu gedung dengan menggunakan bantuan kabel ethernet. 

 

  1. Metropolitan Area Network atau MAN, adalah pengembangan dari LAN sehingga cakupan wilayahnya lebih luas lagi. Kisaran cakupannya adalah 10 sampai 50 km. Jaringan MAN memanfaatkan penggunaan kabel dengan kecepatan data transfer yang tinggi.

 

  1. Wide Area Network atau WAN, pengembangan dari sistem LAN dan MAN, yang digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan MAN atau jaringan LAN dalam jumlah yang cukup banyak.

Berdasarkan Media Transmisi Data yang Dipakai

Jaringan Internet berdasarkan media transmisi data yang dipakai dibagi menjadi 2 jenis, antara lain:

 

  1. Jaringan berkabel atau wired network, adalah sebuah jaringan yang memanfaatkan kabel sebagai transmisi atau pengirim data. Mulai dari kabel UTP hingga ke kabel serat fiber, semuanya dapat digunakan untuk melakukan transmisi data.

 

  1. Jaringan nirkabel atau wireless network, kebalikan dari jaringan yang menggunakan kabel, transmisi yang terjadi pada jenis jaringan ini menggunakan gelombang elektromagnetik dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Jaringan Internet Berdasarkan Distribusi Data

Untuk kategori jaringan ini juga dibagi menjadi 2 jenis, yaitu: 

 

  1. Jaringan terpusat, yakni sebuah jaringan yang menggunakan satu komputer sebagai server dan komputer lain sebagai client. Tugas dari komputer server adalah sebagai sumber data yang disediakan sehingga dapat diakses oleh komputer atau perangkat client.

 

  1. Jaringan terdistribusi, adalah jaringan yang sebenarnya tak berbeda jauh dengan jaringan terpusat, hanya saja memiliki beberapa perangkat yang berperan sebagai server dalam waktu yang bersamaan.

Dilihat Berdasarkan Peran dan Hubungan Komputer

Terakhir, jika dilihat berdasarkan peran dan hubungan tiap komputer dalam jaringan, jaringan Internet dapat dibedakan menjadi 2 jenis juga, diantaranya:

 

  1. Client - server, jaringan yang memiliki kesamaan dengan jaringan terpusat pada poin sebelumnya. Terdiri dari satu atau lebih perangkat yang berperan sebagai server, dan client dapat mengakses serta menampilkan informasi yang didapatkan.

 

  1. Peer to peer, meski memiliki perangkat server dan client, namun terdapat perbedaan yang cukup mencolok antara peer to peer dengan client to server. Jika pada jaringan pertama peran setiap perangkat sudah ditentukan sejak awal, maka pada jaringan Internet peer to peer, peran antara perangkat dapat ditukar sesuai dengan kebutuhan. Model jaringan ini dinilai lebih fleksibel yang mudah menyesuaikan dengan kebutuhan .

 

Penggolongan jaringan Internet di atas memang didasarkan pada berbagai hal yang berbeda. Namun intinya tetap sama, yakni digunakan untuk berbagi informasi dan data yang dimiliki. Dengan demikian idealnya setiap perangkat bisa memiliki akses pada informasi yang ada sehingga dapat digunakan semaksimal mungkin.

 

Mungkin bagi kamu yang sudah memasang WiFi, sekarang kamu jadi tahu bahwa model jaringan Internet yang digunakan adalah jaringan nirkabel dengan cakupan area HAN. Jadi kamu sudah tidak bingung lagi jika sinyal yang dipancarkan tak bisa kamu terima di perangkat kamu ketika kamu pergi jauh dari rumah.

 

Penggunaan WiFi sendiri kini sudah menjadi hal yang sangat wajar. Hampir setiap rumah memiliki koneksi Internet dengan tujuan untuk memudahkan kegiatan sehari-hari. Tentu saja, jaringan Internet dengan WiFi ini memiliki banyak pilihan, mulai dari pemilihan penyedia jasa layanan Internet hingga berbagai paket yang ditawarkan. Pastikan kamu selalu mencari informasi secara mendalam mengenai paket yang ingin kamu gunakan biar bisa dukung segala aktivitas kamu di rumah.