Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

5 Indikator Provider Internet Terbaik, Teliti Sebelum Memilih!

Apr 20, 2023

Di mana pun kamu berada saat ini, kamu pasti sedang terhubung dengan jaringan internet aktif, karena artikel ini juga berada pada situs yang harus diakses menggunakan internet aktif. Tapi apakah internet aktif yang kamu gunakan cukup cepat? Apakah harganya masuk akal? Apakah kamu sudah menggunakan provider internet terbaik yang kini ada dan bisa dijangkau di areamu?

Beberapa pertanyaan sederhana tersebut mungkin saja tidak pernah kamu pikirkan. Biasanya, selama internet yang digunakan cukup dapat memenuhi kebutuhan harian, maka tak ada masalah. Ya, meski sesekali ada masalah koneksi menjadi lambat atau terjadi request time out, masih dianggap biasa. 

Namun demikian, sebenarnya kamu bisa lho melakukan pemilihan provider internet terbaik sebelum memutuskan menggunakan salah satu di antaranya. Ada beberapa indikator yang bisa dijadikan patokan, yang menandakan layanan internet yang diberikan ISP tersebut berkualitas. Apa saja indikator tersebut?

Kualitas Layanan Internet

Karena banyaknya provider yang kini ada di Indonesia, masing-masing provider tentu akan menawarkan kelebihan produknya masing-masing. Ada harga pasti ada rupa, dari semua paket yang ditawarkan pasti akan ada kelebihan dan kekurangan dari masing-masing provider.

Kamu bisa perhatikan kualitas layanan dari bandwidth yang diberikan apakah simetris antara download dan upload. Hal ini sangat berpengaruh dengan aktivitas kamu yang sering menggunakan video conference, dengan bandwidth yang simetris maka aktivitas video conference kamu akan lebih lancar. Berikutnya perhatikan juga apakah ada FUP (Fair Usage Policy) pada paket yang kamu ambil, karena dengan adanya FUP maka penggunaan internet kamu menjadi terbatas

Di sini kamu harus benar-benar cermat memperhatikan paket yang ditawarkan, detail dari paket tersebut, dan syarat serta ketentuan yang berlaku. Memang mungkin agak repot membandingkan satu paket dengan paket lain. Namun agar mendapat layanan paling tepat, sebaiknya kamu melakukan ini.

Sedikit perbedaan pada harga, jika masih wajar dan memberikan keuntungan yang lebih baik, rasanya tidak akan jadi masalah. Yang terpenting adalah paket tersebut bisa benar-benar digunakan secara optimal untuk menunjang kebutuhanmu setiap hari.

Cakupan Layanan Internet, Apakah Sampai ke Tempatmu?

Idealnya penyedia layanan internet kini memiliki cakupan jaringan yang luas, mungkin sudah dapat diakses di seluruh wilayah Indonesia. Meski demikian, kamu harus memastikan lokasi tempat kamu tinggal sudah masuk ke dalam jangkauan layanannya. Karena terkadang untuk kota kecil jaringan justru belum terjangkau.

Misalnya, pada kota besar seperti Yogyakarta dan Semarang jaringan bisa dinikmati, tapi beberapa kota kecil di antaranya belum dapat menikmati layanan internet yang sama. Nah, hal seperti ini yang harus kamu perhatikan.

Jika memungkinkan hubungi layanan konsumen untuk menanyakan secara detail apakah wilayah tempat kamu tinggal bisa menggunakan layanan tersebut. Tidak masalah sedikit menghabiskan pulsa untuk mencari informasi ini, toh tujuan akhirnya agar kamu mendapat layanan dari provider internet terbaik di area tersebut.

Respon Layanan Konsumen

Ketika kamu mencari tahu mengenai paket yang ditawarkan, lokasi dan cakupan wilayah penyedia layanan internet, beserta detail-detail kecil yang lain, coba tanyakan dengan pertanyaan dan pola yang sama. Di sini kamu bisa melihat bagaimana respon dari layanan konsumen yang kamu hubungi.

Mengapa ini penting? Sebab ketika nanti kamu sudah memutuskan akan menggunakan paket internet dari provider yang mana, kamu akan mengandalkan layanan konsumen untuk menyelesaikan berbagai masalah. Semakin baik respon dari layanan konsumen, maka nilai plus yang dimilikinya makin bertambah. Apalagi jika performa internet yang diberikan benar-benar optimal, akan menjadi paket lengkap bukan?

Testimoni Pengguna di Area yang Sama

Jika kamu tidak terburu-buru dalam memilih dan memasang internet di rumah, kamu bisa mencari tahu pendapat orang-orang di sekitar rumah mengenai provider internet terbaik di area tersebut. Testimoni secara langsung seperti ini bisa jadi bahan pertimbangan yang baik, karena berdasarkan pada pengalaman pengguna secara langsung.

Biasanya satu area memiliki kecenderungan menggunakan provider yang sama. Namun jika ada beberapa orang yang menggunakan provider berbeda, bisa jadi karena satu alasan tertentu. Alasan ini yang sebaiknya kamu pahami. Siapa tahu ada pertimbangan tertentu yang lebih masuk akal.

Provider Internet Terbaik Pasti Memiliki Produk Terbaik

Satu hal yang pasti dari provider internet terbaik adalah bahwa mereka memiliki produk paket internet dan performa jaringan yang juga berkualitas. Tidak mungkin satu provider mendapatkan predikat provider internet terbaik jika mereka tidak memiliki kualitas jaringan internet yang benar-benar berkualitas.

Jaringan internet berkualitas adalah jaringan yang menawarkan internet cepat dan stabil. Jika kedua hal pokok ini sudah dipenuhi, maka sisanya bersifat tambahan saja. Tapi sekali lagi tidak ada salahnya jika kamu memilih provider yang memberikan yang terbaik dari setiap poin di atas. 

Provider internet terbaik yang ada di Indonesia saat ini adalah Biznet Home, dengan tiga paket andalannya. Dengan kualitas internet yang cepat dan stabil, lengkap dengan layanan konsumen yang ramah serta selalu siap membantu, kamu bisa mendapatkan pengalaman berinternet yang benar-benar maksimal. Dengan pasang WiFi dari Biznet Home, setiap aktivitas akan bisa dilakukan dengan baik dan lancar.

#PakeBiznet Lebih Cepat!

Baca Juga: Dapatkan Internet terbaik di kota kamu