• Cakupan: 139 Kota
  • 1,823 Kelurahan
  • 4,284 Gedung
  • 1,162,446 Homepass
logo-biznet
5 Masalah Troubleshooting yang Sering Muncul, Ini Solusinya!

5 Masalah Troubleshooting yang Sering Muncul, Ini Solusinya!

POSTED ON October 21, 2020
3 people find this helpful

 

Salah satu hal yang paling tidak diharapkan ketika kamu tengah menyelesaikanberada dalam pekerjaan yang padat adalah terjadinya troubleshooting pada jaringan internet yang kamu gunakan. Sebenarnya tidak hanya jaringan internet saja, namun pada jaringan LAN, hal ini juga dapat memicu kejengkelan karena pekerjaan jadi terganggu. Tapi apakah solusinya harus memanggil teknisi?

 

Memang jika mendengar istilahnya troubleshooting terdengar rumit dan memerlukan tenaga ahli. Padahal dalam beberapa kasus, hal ini bisa diselesaikan dengan melakukan langkah-langkah sederhana lho. Nah, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan, anggap saja sebagai pertolongan pertama, pada saat kamu mengalami troubleshooting.

 

Icon Network Bertanda Silang Merah

 

Permasalahan atau troubleshooting yang satu ini juga sering terjadi ketika kamu kurang cermat melakukan pemasangan kabel atau hub jaringan yang digunakan.. Alih-alih permasalahan pada perangkat lunak yang kamu pakai, troubleshooting yang satu ini muncul karena permasalahan pada perangkat keras. Lalu bagaimana cara mudah memperbaikinya?

 

Pertama, pastikan setiap kabel terpasang pada slot yang benar, dengan susunan yang benar, dan terpasang dengan benar pula. Selanjutnya, pastikan bagian hub atau switch sudah menyala. Meski terdengar sepele, hal ini bisa jadi masalah jika tidak diperiksa terlebih dahulu.

 

Segitiga Kuning dengan Tanda Seru

 

Mungkin icon ini tak lagi asing untuk kamu yang sering menggunakan jaringan LAN atau WiFi di berbagai tempat. Ya, tanda ini muncul ketika kamu tak bisa mengakses situs karena tidak adanya jaringan internet aktif yang digunakan. Meski demikian, kamu bisa mencoba cara berikut ini.

 

Masuklah ke pengaturan IP Address, lalu lakukan penggantian IP yang baru. Masalah ini sering sekali muncul dikarenakan adanya IP Conflict atau bagian server yang gagal memberikan IP pada perangkat yang kamu gunakan. 

 

Koneksi Internet Berjalan Lambat

 

Tentu menjengkelkan bukan ketika kamu harus menyelesaikan pekerjaan namun koneksi internet yang kamu dapatkan cenderung lambat? Nah, hal ini muncul karena beberapa hal. Misalnya saja, jarak perangkat dan pemancar terlalu jauh, router yang terhalang objek tebal, pengguna terlalu banyak, hingga paket atau FUP yang minim.

 

Cara mengatasi masalah ini juga ada beberapa, tergantung dengan permasalahannya. Paling mudah adalah pastikan posisi router cukup tinggi dan tidak terhalangi objek apapun untuk memastikan sinyal yang dipancarkan bisa diterima dengan baik. Selanjutnya, pilih paket internet yang dapat mengakomodir banyak orang. Dan terakhir, pastikan paket internet yang kamu pilih untuk internet di rumah memiliki FUP besar, atau kalau bisa kamu memilih internet yang tidak ada FUP.

 

Tidak Bisa Terkoneksi WiFi

 

Menjadi salah satu masalah paling umum yang dialami pengguna perangkat mobile, baik laptop atau smartphone, adalah tidak bisanya perangkat terkoneksi dengan WiFi yang tersedia di area tersebut. Sebelum buru-buru memutuskan perangkat yang kamu pakai rusak, ada baiknya kamu melakukan hal sederhana berikut ini.

 

Pastikan pemancar WiFi yang ada di perangkatmu menyala. Tidak sedikit perangkat yang memiliki setelan default pemancar WiFi yang off ketika tidak digunakan. Kamu bisa dengan mudah memeriksanya pada pengaturan koneksi dan WiFi. Untuk laptop misalnya, tinggal masuk ke Control, kemudian klik di Network and Connection, lalu pastikan pemancar on atau enable. Di sisi lain, pastikan juga modem atau perangkat sejenis yang kamu gunakan sudah menyala dan terkoneksi pada jaringan internet.

Troubleshooting : Request Time Out

 

Jaringan internet yang tiba-tiba melambat, lag, hingga benar-benar terputus, hal ini bisa saja disebabkan oleh request time out yang muncul pada perangkat kamu. Masalah ini bisa disebabkan oleh dua hal, yakni gangguan pada server jaringan hingga berefek pada semua user, atau fitur Firewall yang tidak sesuai dengan pengaturan yang direkomendasikan.

 

Untuk permasalahan pertama mungkin solusinya adalah menunggu atau meminta kejelasan dari server. Sebagai user, kamu memang tidak bisa berbuat banyak ketika ada gangguan pada server penyedia layanan internet. Ini mengapa sangat direkomendasikan memilih layanan penyedia jaringan internet yang handal dan terpercaya. Untuk masalah kedua terkait Firewall, kamu bisa masuk pada pengaturan Firewall dan mengikuti pengaturan yang direkomendasikan.

 

Itu tadi beberapa permasalahan terkait dengan koneksi dan sambungan, baik itu dalam lingkup Local Area Network atau dalam lingkup penggunaan koneksi WiFi. Memang hal ini terkadang muncul dan membuat panik, namun dengan mengetahui beberapa solusi dari permasalahan yang sering muncul tersebut, diharapkan bisa jadi ilmu dan pengetahuan baru. Jadi tidak melulu harus mencari teknisi ketika mengalami masalahada permasalahan serupa.


Troubleshooting secara umum terus menurun kasusnya, karena baik dari pihak produsen perangkat maupun penyedia layanan internet terus meningkatkan kualitas demi kenyamanan user. Nah, untuk memilih provider internet yang benar-benar handal dan terpercaya, tentu kamu bisa menjatuhkan pilihan pada Biznet Home. Layanan yang satu ini terbukti memiliki kecepatan tinggi, stabilitas yang baik, tidak ada pembatasan FUP, serta kapasitas jaringan yang besar dan bisa mengakomodir banyak orang. Segera cek paket yang ditawarkan dan pasang WiFi Biznet Home  sekarang juga!