• Cakupan: 139 Kota
  • 1,824 Kelurahan
  • 4,285 Gedung
  • 1,162,454 Homepass
logo-biznet
5 Tips Penguat Sinyal WiFi Ini Bisa Kamu Coba

5 Tips Penguat Sinyal WiFi Ini Bisa Kamu Coba

POSTED ON October 23, 2020
2 people find this helpful

Memiliki jaringan Internet cepat ketika di rumah tentu jadi hal wajib bagi setiap orang yang mengaku sebagai generasi kekinian. Bukan tanpa sebab, karena hampir setiap hal sekarang bisa dipermudah dengan bantuan Internet. Tidak heran jika kemudian banyak yang mencari cara atau perangkat penguat sinyal WiFi, agar setiap sudut tempat tinggal bisa terjangkau sinyal dengan baik. Tapi apakah benar ada cara yang efektif dan signifikan?

 

Sebenarnya penguat sinyal WiFi benar-benar ada, dan disebut dengan booster. Meski demikian, perangkat ini tidak serta merta memperkuat sinyal WiFi yang kamu punya menjadi sangat cepat atau sangat luas. Penggunaannya tetap harus sesuai dengan prosedur yang disarankan agar benar-benar bisa optimal.

 

Nah, selain itu, ada beberapa cara untuk hal ini selain menggunakan perangkat penguat sinyal WiFi. Apa saja caranya? Kamu bisa cek di bawah ini!

 

Posisi Router Bisa Jadi Penguat Sinyal WiFi

 

Pernahkah kamu mendengar istilah ‘posisi menentukan prestasi’? Ya, mungkin ketika kamu masih duduk di bangku sekolah, istilah ini sering muncul. Istilah yang sama juga berlaku untuk peletakkan router yang kamu punya. Semakin strategis dan ideal posisinya, maka semakin baik pula sinyal dapat dipancarkan. Wajarnya ketika sinyal dipancarkan dengan ideal maka daya jangkauannya menjadi semakin luas.

 

Letakkan router pada posisi yang ideal. Pertama, cukup tinggi dan tidak memiliki penghalang terlalu tebal di sekitarnya. Sebisa mungkin meletakkan router di bagian ruangan yang cukup lega. Selanjutnya, pastikan tidak ada perangkat elektronik atau sejenis yang memancarkan gelombang elektromagnetik di sekitar router karena hal tersebut dapat mengganggu pancaran sinyal WiFi yang muncul dari perangkat ini.

Router dengan Teknologi Terbaru


Jika kamu sudah berlangganan Internet di rumah atau pasang WiFi sejak lama, tentu router yang digunakan juga sudah cukup ketinggalan jaman. Bukan kemudian router tidak dapat berfungsi sepenuhnya, tapi dalam rangka mencari cara penguat sinyal WiFi hal ini harus disikapi dengan bijak.

 

Sebisa mungkin, selalu periksa inovasi terkini dari perangkat router yang beredar di pasaran. Tujuannya sederhana, agar layanan yang kamu pilih untuk menjadi partner berInternet bisa dinikmati secara maksimal dengan perangkat yang teknologinya paling baru. Perpaduan jaringan berkualitas dengan perangkat keras yang canggih bisa jadi kombinasi terbaik untuk menyediakan WiFi di tempat tinggal atau tempat usaha yang kamu miliki.

Secara Berkala, Ganti Password

 

Bagaimana mungkin ini masuk dalam daftar cara penguat sinyal WiFi di artikel ini? Jangan salah sangka, tidak sedikit kasus dimana sinyal WiFi menjadi lemah dan kecepatan Internet menurun karena adanya pengguna yang tidak terdaftar atau diketahui, turut menggunakan layanan WiFi yang kamu miliki. Tentu semakin banyak penggunanya maka semakin banyak pula pembagian kecepatan yang terjadi bukan?

 

Untuk meminimalisir resiko orang-orang kurang bertanggung jawab ini mengakses WiFi di rumah kamu, secara berkala ganti password WiFi yang kamu punya. Usahakan penggantian ini menggunakan kata atau kode yang benar-benar unik sehingga tidak mudah diketahui oleh orang lain. Jika memungkinkan, buat satu prosedur tertentu untuk terkoneksi pada WiFI yang kamu punya, sehingga setiap pengguna yang tersambung harus atas seizin pemilik.

Penguat Sinyal WiFi dengan Repeater

 

Nah, perangkat ini menjadi salah satu perangkat penguat sinyal WiFi yang bisa kamu manfaatkan ketika ada blind spot di rumah kamu. Blind spot sendiri adalah titik buta yang tidak dapat dijangkau oleh pancaran sinyal WiFi, karena adanya halangan atau suatu hal tertentu. Penggunaan repeater dalam hal ini bisa membantu menyalurkan pancaran sinyal ke area tersebut.

 

Prinsip kerja repeater sendiri cukup sederhana. Perangkat disambungkan ke sumber listrik, kemudian di pairing dengan router WiFi. Selanjutnya, perangkat akan berperan sebagai pengulang sinyal yang dipancarkan oleh router di titik lain. Pulsa yang masuk melalui repeater kemudian disalurkan kembali ke router untuk ditransmisikan. Secara harfiah memang tidak memperkuat, namun memperluas jangkauan WiFi dari router yang kamu punya.


Menjaga Suhu dengan Restart Berkala

 

Lemahnya sinyal dan kecepatan Internet juga bisa muncul akibat router yang terlalu panas atau tidak memiliki sirkulasi udara yang baik. Ini mengapa, secara berkala disarankan untuk mematikan router selama beberapa menit untuk kemudian dinyalakan kembali. Atau setidaknya kamu bisa memberikan sirkulasi udara yang cukup baik pada lokasi router tersebut ditempatkan, sehingga suhunya tidak terlalu panas ketika digunakan terus menerus.

 

Itu tadi sedikit tips dan trik mengenai urusan penguat sinyal WiFi. Semua bisa kamu coba, dan semoga bisa berhasil dengan baik. Tentu kunci utama dalam kenyamanan berInternet akan kembali pada ketepatan pemilihan layanan penyedia jasa Internet. Dalam hal ini, Biznet Home adalah pilihan terbaik untuk kamu. Dengan jaringan luas, kecepatan tinggi, serta stabilitas koneksi Internetnya, kamu tidak akan kecewa pasang WiFi dari Biznet Home. Segera lihat paket penawarannya, dan dapatkan paket terbaik untuk kamu!