Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

6 Situs Gratis Test Kecepatan Internet, Cukup Representatif Lho!

Apr 19, 2023

Mengetahui dengan pasti kecepatan Internet yang kamu gunakan terkadang memberikan satu kelegaan unik yang tidak bisa dirasakan dengan hal lain. Terlebih jika hasilnya menunjukkan angka yang cukup tinggi, tentu test kecepatan Internet yang dilakukan akan bisa membawa pengaruh baik untuk mood kamu. Tapi apakah ada cara memeriksa kecepatan Internet yang digunakan dengan mudah? 

Tentu saja ada. Saat ini banyak sekali situs atau web yang secara khusus memberikan layanan gratis test kecepatan Internet. Ya, kamu bisa memeriksa kecepatan Internet dengan gratis, mudah, dan cepat. Tak perlu banyak melakukan instalasi aplikasi atau perangkat keras. Cukup ketik nama situs yang akan digunakan, klik, start!

Bandwidth Place

Salah satu situs yang menyediakan layanan periksa kecepatan Internet gratis adalah Bandwidth Place. Kamu bisa mengunjungi situsnya secara langsung dengan mengetikkan keyword tersebut pada mesin pencarian yang kamu pakai. Setelah masuk, kamu bisa melihat beberapa indikator dan panel yang menunjukkan angka tertentu.

Nah, untuk memulai test kecepatan Internet, kamu tinggal menekan Start. Secara otomatis situs tersebut akan menganalisa kecepatan Internet yang tengah kamu pakai, dan menunjukkan hasilnya pada panel-panel yang tersedia di sana. Kamu akan mendapat informasi mengenai kecepatan downloadupload, hingga ping jaringan Internet yang kamu gunakan saat itu.

Melalui Fast Com

Situs yang satu ini bahkan tidak memerlukan kamu mengklik tombol apapun. Cukup masukkan keyword tersebut ke dalam mesin pencarian, Enter, dan kamu sudah akan bisa melihat kecepatan Internet yang kamu gunakan. Ya, situs ini akan secara otomatis melakukan pemindaian pada kecepatan jaringan yang kamu gunakan saat itu.

Namun demikian, sedikit berbeda dengan Bandwidth Place yang akan memberikan informasi terkait downloadupload, dan ping, situs ini hanya akan memberikan informasi mengenai kecepatan pengunduhan dan pengunggahan saja. Jika dirasa kurang yakin, kamu bisa menekan tombol refresh dan melakukan test kecepatan Internet ulang. Mudah bukan?

Speedtest.net

Nah untuk situs yang satu ini juga tidak kalah mudahnya untuk digunakan. Kunjungi situs dengan memasukkan keyword tersebut, dan kamu bisa secara langsung melakukan test kecepatan Internet yang kamu pakai sekarang. Masuk ke situsnya, tekan GO, lalu kamu akan mendapatkan informasi mengenai ping, kecepatan download, serta kecepatan upload

Informasi tambahan yang bisa kamu dapatkan adalah lokasi server penyedia Internet yang kamu pakai, nama penyedia Internet yang kamu pakai, dan perusahaan yang menaunginya. Cukup lengkap ya untuk situs gratis dan praktis ini? Satu tips sederhana dari kami, adalah ketika melakukan pemeriksaan kecepatan Internet atau test semacam ini, sebisa mungkin jangan buka aplikasi atau tab lain agar hasil yang didapatkan bisa benar-benar mendekati keadaan nyata.

Test Kecepatan Internet Lewat CBN Speedtest

Sedikit berbeda dari situs-situs sebelumnya yang bisa langsung digunakan, untuk CBN Speedtest ini terlebih dahulu kamu harus memiliki Adobe Flash Player. Mengapa? Karena CBN Speedtest akan menggunakan aplikasi ini untuk membantu proses test kecepatan Internet yang dilakukan dan tampilan hasilnya. Tak usah cemas, biasanya laptop atau komputer keluaran baru sudah memiliki aplikasi ini meski statusnya mungkin trial saja.

Setelah membuka situsnya, kamu bisa menekan tombol Begin Test dan menunggu hasilnya. Di sini kamu akan dapat melihat informasi IP yang kamu miliki, kecepatan download, kecepatan upload, serta ping. Jadi informasi yang ditampilkan cukup lengkap.

Ping-test net, Tampilan Lebih Menarik

Jika pada beberapa situs sebelumnya tampilan yang diberikan cukup simple dan sederhana, untuk kamu yang ingin melihat tampilan lebih ‘ramai’ kamu bisa menggunakan situs ini. Ya, di sini kamu akan banyak melihat panel, tombol, dan tampilan yang sangat ramai dibandingkan dengan situs lainya.

Untuk menggunakannya kamu tinggal menekan tombol Power yang berada di bagian tengah tampilan. Dalam waktu singkat kamu akan mendapatkan informasi kecepatan uploaddownload, serta ping pada jaringan yang kamu gunakan. Well, untuk situs gratis, situs ini terbilang menampilkan informasi yang cukup lengkap dengan look yang lebih berwarna daripada situs lainnya.

Web Speedtest dari Biznet 

Menjadi rekomendasi terakhir, dan mungkin akan jadi yang paling bisa diandalkan, kamu bisa menggunakan web speedtest dari Biznet. Sedikit berbeda dengan web atau situs yang disebutkan sebelumnya, web yang disediakan Biznet ini bisa kamu gunakan bahkan tanpa mengklik apapun.

Pengecekan kecepatan Internet akan berlangsung secara otomatis sesaat setelah web terbuka melalui perangkat yang kamu gunakan. Tinggal tunggu beberapa detik saja, kamu sudah akan mendapat informasi lengkap mengenai kecepatan download dan kecepatan upload, lengkap dengan ping dari jaringan yang kamu gunakan. Tak perlu repot, untuk mencobanya kamu bisa klik di sini.

Itu tadi sederet situs yang bisa kamu pakai untuk melakukan test kecepatan Internet yang kamu miliki. Tentu saja sifat dari hasil yang ditunjukkan tidak kemudian benar-benar menunjukkan angka pasti, jadi hanya menunjukkan angka yang paling mendekati saja. Hal ini karena naik-turunnya jaringan akan sangat dinamis dan sepertinya mustahil jika ditampilkan dalam angka pasti. Jika tampilannya berupa kisaran, misalnya upload pada 20 Mbps – 23 Mbps.

Menjalankan test kecepatan Internet terkadang diperlukan agar kamu tahu bagaimana kondisi jaringan yang kamu pakai. Tentu saja, dengan menggunakan layanan Internet yang tepat, hasil yang ditunjukkan akan selalu berada pada angka terbaik (tinggi untuk upload dan download, dan rendah untuk ping). Untuk mendapatkan hasil seperti ini, kamu bisa menggunakan Biznet Home. Sebagai salah satu provider Internet terjangkau di Indonesia, kamu akan mendapatkan kecepatan Internet yang tinggi serta stabil. Jadi tunggu apa lagi? Segera lihat daftar harga dan cakupan areanya, dan pasang Internet terbaik dari Biznet Home sekarang juga!

#PakeBiznet Lebih Cepat!