• Cakupan: 139 Kota
  • 1,823 Kelurahan
  • 4,284 Gedung
  • 1,162,446 Homepass
logo-biznet
Bagaimana Cara Cek IP Address di Perangkat yang Dipakai?

Bagaimana Cara Cek IP Address di Perangkat yang Dipakai?

POSTED ON October 12, 2020
7 people find this helpful

Mengetahui IP Address mungkin jadi hal yang akan cukup berguna, terutama ketika kamu masuk pada jaringan tertentu. Dengan mengetahui hal ini kamu bisa memonitor dan mengidentifikasi perangkat yang kamu gunakan. Cara cek IP Address sebenarnya cukup mudah, dan bisa dilakukan di laptop, PC, hingga perangkat smartphone yang kamu pegang sekarang ini.

 

Terdapat dua jenis IP Address yang kamu miliki, yakni IP eksternal dan IP internal. Keduanya sama-sama bisa diperiksa dengan cara yang mudah dan sederhana. Untuk kamu yang mungkin belum pernah mencobanya, kamu akan mendapatkan pengalaman menjadi semacam ‘anak IT’ ketika berhasil. 

 

Untuk memeriksa IP Address eksternal sendiri kamu bisa memanfaatkan beberapa situs gratis yang bisa diakses setiap saat, melalui laptop, PC, atau smartphone. Salah satu situs yang bisa digunakan adalah whatismyip.com. Ketika membukanya, secara otomatis situs akan melakukan pemindaian pada perangkat yang kamu pakai, kemudian menunjukkan IP Address di bagian kanan jendela tersebut. Yang ditunjukkan adalah alamat IPv6 dan IPv4 eksternal.

Lalu bagaimana dengan cara cek IP Address internal? 

Cek IP Address Internal pada Windows

 

Untuk memeriksa alamat IP pada perangkat dengan sistem operasi Windows, kamu bisa menggunakan Command Prompt. Nah di sini kamu akan merasa seperti sudah sangat menguasai bahasa pemrograman, padahal ini adalah prosedur sederhana yang tidak akan membutuhkan banyak pengetahuan. Lalu bagaimana caranya?

 

Pertama kamu klik pada bagian Start (biasanya di pojok kiri bawah dengan logo Windows), lalu ketikkan cmd dan tekan Enter. Dengan begini kamu akan bisa membuka Command Prompt dan bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya. Ketikkan ipconfig pada bar yang tersedia, dan tekan Enter. Temukan baris yang menuliskan IPv4 Address. Jika sudah, kamu akan melihat sederet angka di sebelah kode tersebut. Deretan angka itu adalah IP Address internal yang kamu miliki di perangkat yang digunakan. Cukup mudah bukan?

Cek IP Address Internal pada Perangkat Mac

 

Pada perangkat Macintosh, kamu juga bisa memeriksa alamat IP yang ada. Caranya cukup mudah, dengan mengklik logo Apple di sudut kiri atas desktop kamu dan pilih System Preferences. Setelah kamu temukan, klik dan pilih Network. Langkah selanjutnya adalah temukan koneksi yang terhubung dengan perangkat kamu (bisa WiFi atau ethernet) lalu klik koneksi aktif tersebut (akan muncul tanda hijau pada koneksi aktif).

 

Kamu tinggal melihat di sisi kanan layar dan akan ditunjukkan tulisan ‘WiFi is connected to ............ and has the IP Address ......’. Nah, kode di belakang IP Address ini adalah alamat IP yang kamu miliki. Selesai. Cara yang mudah untuk cek IP Address yang kamu punya.

Cek IP Address Internal pada Smartphone Android

 

Pada ponsel pintar Android, setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan untuk cek IP Address. Pertama, kamu bisa mengeceknya ketika perangkat terhubung pada jaringan WiFi. Buka Settings, kemudian pilih menu Connection dan klik WiFi. Temukan jaringan yang saat ini terhubung dengan ponsel, lalu kamu akan melihat sederet angka di sampingnya. Itu adalah IP Address smartphone kamu.

 

Cara kedua adalah dengan membuka Settings, lalu masuk ke About Phone. Pilih Status dan kamu akan bisa melihat informasi IP Address bersama MAC address dan sejumlah informasi lainnya seputar smartphone yang kamu gunakan.

Cek IP Address Internal pada iOS

 

Nah yang terakhir jika kamu menggunakan iPhone atau iPad, kamu bisa langsung membuka Settings, dan pilih menu WiFi. Klik pada icon ‘i’ yang dikelilingi lingkaran di bagian kanan jaringan yang terhubung. Setelah itu, kamu bisa melihat IPv4 address dan IPv6 address perangkat kamu. Cukup mudah bukan?

 

Nah itu tadi cara-cara cek IP Address di perangkat yang kamu gunakan. Cara yang cukup mudah untuk mengetahui informasi yang cukup berguna ya? 

 

Alamat IP sendiri akan sangat berguna ketika kamu terhubung dengan satu jaringan Internet atau WiFi. Kamu dapat melihat apakah perangkatmu terhubung pada jaringan yang benar, sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Tentu saja, untuk urusan jaringan Internet terbaik, kamu harus memilihnya dengan seksama agar mendapatkan Internet cepat dan stabil.

 

Menggunakan perangkat yang terhubung ke jaringan Internet saat ini sepertinya sudah jadi bagian besar dalam hidup manusia modern. Banyak pekerjaan dan kegiatan yang bisa terbantu dengan keberadaan Internet cepat dan stabil. Dengan lancarnya arus informasi yang kini bisa dinikmati semua orang, tak heran jika kemudian berbagai pengetahuan terkait dengan Internet menjadi penting dipahami.

 

Memahami cara cek IP Address mungkin akan jadi satu hal yang berguna. Untuk mendapatkan jaringan Internet yang dapat diandalkan, kamu bisa menggunakan layanan Biznet Home untuk pasang WiFi di rumah kamu. Layanan Biznet Home akan menjamin koneksi cepat dan stabil sehingga semua kegiatanmu akan dapat dijalankan dengan lancar. Segera berlangganan di jaringan Internet ultra  cepat dari Biznet Home!