Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Bagaimana Cara Mengatasi Laptop Lemot? Apakah Harus Diservis?

Apr 17, 2023

Memiliki dan menggunakan laptop dengan performa optimal guna mendukung selesainya pekerjaan tepat waktu, rasanya sudah jadi hal ideal yang didambakan banyak orang. Laptop yang lemot sering kali membuat kamu emosi karena menghambat kegiatanmu. Tapi tahukah kamu kalau sebenarnya cara mengatasi laptop lemot bukanlah hal yang rumit?

Well, memang beberapa cara yang dianjurkan memerlukan bantuan teknisi untuk memasang perangkat keras penunjang agar kinerja laptop kembali pada titik maksimal. Tapi beberapa di antaranya bisa kamu lakukan sendiri dengan sedikit usaha dan memanfaatkan informasi yang ada di Internet.

Penasaran apa saja cara mengatasi laptop lemot? Atau jika tidak, beberapa poin ini bisa jadi persiapan yang baik untuk menghadapi laptop lemot jika sewaktu-waktu terjadi. Simak selengkapnya!

Kapasitas Hardisk yang Sudah Penuh

Penuhnya media penyimpanan utama pada laptop dapat membuat kinerja laptop secara keseluruhan menjadi lebih lambat. Kemampuan memproses yang menurun, file yang menumpuk dan sebenarnya sudah tidak berguna, menjadi alasan mengapa kemampuan kerja laptop semakin menurun.

Cara sederhana yang bisa digunakan adalah dengan mengurangi beban atau jumlah file yang ada pada media penyimpanan ini, dan memindahkan file yang masih berguna ke cloud store. Selain dapat mengosongkan media penyimpanan yang kamu miliki, cloud store juga memungkinkan kamu mengakses file meski tanpa laptop yang kamu miliki.

Atau jika ingin benar-benar mempercepat kinerjanya, gantilah media penyimpanan dengan SSD, bentuk baru media penyimpanan yang kecepatan kerjanya berkali lipat dibandingkan HDD.

Ukuran RAM yang Kurang Memadai

Segala proses komputasi yang dilakukan pada laptop kamu, akan diproses menggunakan RAM. Tentu saja, semakin besar kapasitas RAM, maka akan semakin cepat pula proses komputasi dilakukan. Sebaliknya, ketika banyak komputasi dilakukan namun RAM tidak memadai, kinerja akan sangat drop dan membuatmu tidak nyaman ketika memakainya.

RAM sendiri tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari ukuran 2 GB sampai dengan 32 GB. Laptop kekinian biasanya memiliki dua slot RAM yang dapat digunakan, sehingga dapat menambah tenaga dan kinerja laptop. Untuk memastikannya, kamu bisa mendatangi tempat servis kepercayaan dan menanyakan detailnya. Tenang, harga RAM sendiri masih terbilang terjangkau dan mudah ditemukan di berbagai tempat.

Menjalankan Terlalu Banyak Proses dalam Satu Waktu

Laptop memang memiliki kapasitas tertentu untuk menjalankan sejumlah aplikasi dalam waktu bersamaan, dan memproses semua komputasi yang dimasukkan. Namun, setiap laptop juga memiliki batas kinerja optimal. Ketika batas ini dilewati, maka laptop tetap akan ‘berusaha’ memproses semua komputasi yang dimasukkan, dan menyebabkan laptop tersebut  menjadi lemot.

Cara mengatasi laptop lemot yang berikutnya adalah dengan melakukan komputasi sesuai dengan batasan kapasitas laptop. Cara ini terbukti ampuh untuk memperpanjang usia laptop dan menjaga setiap aplikasi agar selalu berjalan dengan lancar. Untuk mengetahui batasnya, kamu bisa mencoba membuka aplikasi dan terus menambahkan proses komputasi hingga laptop nampak semakin lama melakukan proses tersebut. Cara yang manual memang, namun ini terbukti ampuh.

Adanya Malware atau Virus

Salah satu penyebab laptop lemot adalah adanya malware atau virus yang masuk ke dalam sistem, kemudian mengacaukan proses yang ada di dalamnya. Mengacaukan di sini tidak selalu berarti merusak, ada pula virus yang dengan ‘sengaja’ membuka aplikasi atau program, namun tidak menampakkannya di layar utama. Ini akan memberatkan kerja laptop secara keseluruhan. Lakukan scanning virus secara rutin dan gunakan perangkat antivirus yang berbayar. Sedikit biaya yang kamu keluarkan untuk perangkat pengamanan ini akan memberikan kenyamanan ketika digunakan. Tentu, kamu bisa mendatangi toko distributor resmi untuk mendapatkan antivirus yang legal dan benar-benar valid.

Layanan Internet yang Buruk

Ketika semua hal di atas sudah kamu lakukan, namun laptop tetap lemot, bisa jadi masalahnya terletak pada jaringan Internet yang kamu gunakan. Cara mengatasi laptop lemot yang terakhir adalah dengan menggunakan jaringan Internet berkualitas, stabil, dan cepat. Dengan demikian, pekerjaan yang kamu lakukan dengan menggunakan laptop akan berjalan dengan lancar.

Tidak sedikit penyedia layanan Internet yang memberikan penawaran menarik mengenai Internet murah. Namun yang perlu kamu tahu, tidak semua Internet murah memberikan kualitas yang prima dan dapat sepenuhnya menunjang pekerjaanmu. Jangan sampai hanya karena mengejar tarif yang terjangkau, layanan Internet yang kamu pakai justru menghambat pekerjaanmu.

Salah satu cara mengatasi laptop lemot yang bisa kamu gunakan adalah dengan berlangganan layanan Internet terjangkau dari  Biznet Home. Kualitas jaringan Biznet Home sudah terbukti di banyak daerah di Indonesia, dan memuaskan pelanggannya. Harga yang terjangkau serta stabilitas jaringan yang terjamin, menjadikan Biznet Home provider layanan Internet yang dipilih banyak orang di Indonesia. Segera kunjungi situs resminya sekarang juga, dan dapatkan promo instalasi untuk pelanggan baru!

#PakeBiznet Lebih Cepat!