• Cakupan: 139 Kota
  • 1,824 Kelurahan
  • 4,285 Gedung
  • 1,162,454 Homepass
logo-biznet
Belajar Sekilas Mengenai IP Address adalah Hal Berguna, Klik di Sini!

Belajar Sekilas Mengenai IP Address adalah Hal Berguna, Klik di Sini!

POSTED ON October 12, 2020
0 people find this helpful

Setiap perangkat elektronik yang kamu punya dan kamu gunakan dengan mengandalkan jaringan Internet akan memiliki identitas unik. Sederhananya, perangkat yang kamu miliki memiliki ‘nomor’ untuk kemudian dapat dihubungi oleh perangkat lain. Meski tidak sesederhana dalam sambungan telepon, namun secara garis besar prinsipnya cukup serupa. IP Address adalah sebutan bagi identitas yang menempel pada setiap perangkat ini.

 

IP Address adalah sebaris angka yang dimiliki oleh setiap komputer, laptop, smartphone, tablet, dan sebagainya yang operasionalnya ditunjang dengan jaringan Internet. Angka ini sifatnya unik, jadi laptop yang kamu miliki dan laptop milik saudaramu tidak akan memiliki IP Address yang sama meski merek dan seri produknya serupa.

 

Pada dasarnya jaringan Internet adalah jaringan yang menghubungkan antara satu perangkat komputer dengan perangkat lain. Konten apapun yang kamu nikmati berbentuk file dan data, yang disimpan dan dikelola pada satu server tertentu, yang juga merupakan perangkat komputer. Ketika kamu menikmati konten tersebut sebenarnya kamu sedang ‘menghubungi’ perangkat server yang dimaksud.Tentu, ada beberapa jenis IP Address yang didasarkan pada beberapa hal. 

Berdasarkan Versi IP Address


Untuk kategori ini dibedakan menjadi dua jenis, yakni IPv4 dan IPv6.

 

  1. IPv4 merupakan IP Address yang telah digunakan sejak Internet pertama kali dinikmati oleh masyarakat luas. Panjangnya sekitar 32 bit, dan terdiri dari empat kumpulan angka yang dipisahkan oleh titik. Angka tersebut adalah representasi desimal dari delapan digit angka biner.
  2. IPv6 sendiri merupakan IP Address yang hingga saat ini sebenarnya belum digunakan secara luas. Versi ini diciptakan karena kapasitas versi sebelumnya semakin menipis. Jika pada versi IPv4 panjang rangkaian angkanya hanya 32 bit, maka pada versi ini panjang kodenya mencapai 128 bit. Dengan begini akan semakin banyak IP Address yang dapat digunakan.


Berdasarkan Cakupan

 

IP Address adalah identitas yang dimiliki setiap perangkat. Kemudian dalam prosesnya, kamu bisa mengenal dua jenis IP Address berdasarkan cakupannya.

 

  1. IP Address publik dapat diakses melalui jaringan Internet dan dimiliki oleh segala perangkat yang bersifat komersial dan digunakan dalam perangkat seperti server website, server email, router WiFi, dan sebagainya.
  2. IP Address Privat di sisi lain, merupakan identitas yang digunakan untuk berkomunikasi di jaringan lokal. Misalnya pada perangkat personal seperti laptop, PC, smartphone, dan sebagainya. Perangkat-perangkat ini bisa saja berkomunikasi secara langsung tanpa harus terhubung ke jaringan Internet, menggunakan jaringan LAN. Akses yang dilakukan perangkat personal ini ke Internet memanfaatkan IP publik yang ada pada perangkat komersial.

Berdasarkan yang Diberikan oleh ISP

 

Didasarkan pada kategori di atas, IP Address akan dibedakan menjadi dua jenis, yakni IP Dinamis dan IP Statis.

 

IP Dinamis sendiri awam diberikan secara gratis pada pelanggan layanan Internet, namun sifatnya hanya sementara. Mengapa hanya sementara? Karena secara praktis pengguna Internet terus bertambah sementara alamat IP yang tersedia terus berkurang. Maka mau tidak mau IP ini harus digunakan secara bergantian. Ini mengapa ketika Internet kamu mulai lemot disarankan untuk melakukan restart perangkat agar mendapatkan IP baru.

 

Sedangkan IP Statis adalah kebalikannya, IP ini bersifat tetap dan sudah dipesan oleh pengguna tertentu. Umumnya pengguna dari IP Statis ini adalah layanan web hosting, virtual private network, atau mungkin server file transfer protocol. Sifat dari pengguna IP Address adalah sebagai penyedia layanan sehingga harus memiliki IP tetap yang bisa jadi tumpuan operasional.

 

Berdasarkan Penggunaannya di Website

 

Jika digunakan dalam website, IP Address adalah hal yang dapat dibedakan menjadi dua jenis.

 

  1. Shared IP terdapat pada server shared hosting, yang penggunanya berbagi seluruh sumber daya server yang dimiliki. Yang dibagi juga IP Address yang ada, sehingga setiap domain milik seorang pengguna akan menggunakan alamat IP yang serupa.
  2. Dedicated IP menjadi jenis kedua, yang digunakan oleh satu domain pada satu waktu. IP ini awam digunakan oleh server dedicated hosting atau cloud VPS hosting. Tujuannya sederhana, untuk memberikan layanan hosting yang lebih baik dan bisa lebih optimal.

 

Karena IP Address adalah hal yang cukup penting dalam dunia komputer dan perangkat pintar lainnya, tentu bacaan singkat dalam artikel ini akan membawa manfaat buat kamu. Tentu sifatnya hanya sebagai perkenalan saja. Kamu bisa melanjutkan proses pencarian untuk mengetahui lebih banyak melalui buku atau situs-situs lainnya.

 

Nah jika mencari informasi terkait IP Address adalah hal yang penting untuk kamu, maka kamu juga harus menggunakan layanan Internet berkualitas, cepat, dan stabil. Biznet Home merupakan pilihan yang tepat untuk pasang WiFi di rumah kamu dengan layanan Internet yang cepat dan harga terjangkau. Segera cek website Biznet Home , dan dapatkan layanan Internet terbaik untuk rumah kamu!