Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Cara Cepat dan Mudah untuk Cek Ping Pada Internet Kamu

Apr 17, 2023

Internet yang kamu gunakan sehari-hari sudah pasti harus cepat dan stabil. Ketika tiba-tiba menjadi lambat tanpa ada alasan yang jelas, pasti rasanya sangat mengganggu. Apalagi di tengah kondisi seperti sekarang ini, kamu sangat membutuhkan jaringan Internet agar bisa tetap beraktivitas di rumah.

Nah, di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek ping Internet dengan cepat dan mudah. Ya, sebenarnya kamu bisa mengecek ping Internet tanpa bantuan teknisi yang berpengalaman karena hal ini dapat dilakukan melalui komputer atau laptop di rumah kamu sendiri. Simak penjelasannya berikut ini!

Cara Cek Ping Internet Pada Router

Kalau kamu menggunakan koneksi Internet memakai kabel LAN atau WiFi yang terhubung ke router, maka sebaiknya cek ping koneksi ke bagian router terlebih dahulu. Kamu perlu mengetahui alamat IP router tersebut. Tenang saja, kamu bisa menemukannya dengan mudah juga. Caranya adalah dengan mengetik IPCONFIG/ALL di Command Prompt. Lalu cek bagian Default Gateway.

Kalau kamu sudah tahu alamat IP router, kamu bisa mengetik “ping” lalu tambahkan alamat IP. Contohnya seperti ping 192.168.43.7. Kalau sudah, akan terlihat beberapa data. Tapi kamu sebaiknya fokus ke bagian times. Semakin kecil nilainya, maka sudah pasti koneksi Internet kamu lebih cepat.

Cek ping router tidak bisa sekali saja. Kamu perlu mengeceknya secara terus menerus. Caranya dengan menambah -t di belakang alamat IP. Contohnya adalah: ping 192.168.43.7 -t.

Jika hasil yang kamu dapatkan bertuliskan Destination host unreachable dan Request timed out, bisa dipastikan bahwa jaringan Internet kamu bermasalah. Intinya, jangan sampai ada dua tulisan itu di dalam pengecekan ping router.

Cek Ping Internet Pada Jaringan

Jika sudah mengecek ping router, kamu bisa cek ping jaringan Internet yang digunakan. Tentu saja ini berhubungan dengan jaringan apa yang kamu pilih. Caranya pun mudah.

Buka Command Prompt dengan menekan logo Windows + R. Kemudian ketik cmd dalam kolom yang tersedia di Run. Jika sudah, ketik ping 8.8.8.8 -t lalu tekan enter. Kenapa 8.8.8.8? Itu merupakan DNS Google yang bisa dipakai untuk mengecek koneksi Internet. Kamu juga bisa menggunakan alamat situs, seperti ping google.co.id -t.

Hasilnya akan terlihat sama seperti cek ping router. Kamu bisa fokus ke bagian times yang semakin kecil angkanya, maka semakin bagus. Kalau semakin besar, berarti sudah pasti kamu lebih sulit untuk mengakses Internet. Selain itu ketika ada tulisan Destination host unreachable dan Request timed out, berarti ada masalah yang lebih besar. Biasanya kamu benar-benar tidak bisa mengakses Internet secara total.

Pasti kesal rasanya ketika kamu sedang butuh koneksi Internet tapi tiba-tiba tidak bisa diakses. Untuk mendapatkan koneksi Internet yang cepat dan stabil, pastinya kamu bisa mempercayakannya pada Biznet Home. Dengan didukung infrastruktur perangkat Fiber Optic tercanggih, membuat jaringan Internet dari Biznet Home bisa mendukung segala aktivitas digital kamu. Jadi Pasang WiFi dari Biznet Home sekarang, dan dapatkan Internet cepat dan stabil di rumah kamu.

#PakeBiznet Lebih Cepat!