• Cakupan: 139 Kota
  • 1,824 Kelurahan
  • 4,285 Gedung
  • 1,162,454 Homepass
logo-biznet
Cara Clear Cache Di Browser Andalan, Kamu Harus Tahu!

Cara Clear Cache Di Browser Andalan, Kamu Harus Tahu!

POSTED ON October 21, 2020
1 people find this helpful

 

Aktivitas browsing merupakan aktivitas rutin yang pasti kamu lakukan setiap hari. Entah mencari bahan pekerjaan, mencari gambar, mencari hiburan, atau sekedar mencari informasi terkini. Tentu, aktivitas browsing akan menjadi tak nyaman mana kala browser yang kamu gunakan lelet. Ini mengapa kamu perlu paham benar cara clear cache untuk dapat sedikit meringankan ‘beban’ browser yang kamu pakai.

 

Cache sendiri merupakan file yang tersimpan sementara di dalam memori dari browser. Sebenarnya tujuan utama dari cache sendiri justru meringankan dan mempercepat loading page ketika kamu membuka situs yang pernah dibuka sebelumnya. Jadi logikanya, pengunduhan data hanya akan dilakukan dalam jumlah sedikit karena sebagian data masih tersimpan.

 

Namun hal ini berubah menjadi faktor yang melambatkan browser dan bahkan mengarahkan pada situs yang salah ketika dibiarkan menumpuk terlalu lama. Sama seperti ruang penyimpanan pada umumnya, ketika kapasitasnya terlalu penuh maka kinerja akan menurun. Maka dari itu, berikut ada beberapa cara clear cache agar browsing kamu jadi lebih cepat.

Cara Clear Cache Di Google Chrome

 

Menjadi salah satu browser yang banyak digunakan, Chrome sendiri memiliki cara clear cache yang cukup mudah. Begini langkahnya.

 

  1. Masuk ke side menu, lalu buka History, klik History.
  2. Pilih Clear Browsing Data.
  3. Cermati Time Range yang tersedia di sana, lalu tentukan kamu akan menghapus data dalam kurun waktu berapa lama. Untuk menghapus semua cache pilih All Time.
  4. Tentukan elemen yang akan dihapus pada proses ini (ada tiga jenis elemen yakni cache, cookies, dan history).
  5. Terakhir, tinggal klik Clear Data.

 

Dengan begini cache di browser kamu sudah selesai terhapus dan kinerja Chrome akan kembali optimal.

 

Clear Cache Di Mozilla Firefox

 

Browser yang juga banyak digunakan selanjutnya adalah Mozilla Firefox. Browser ini sering dipilih karena cenderung lebih ringan daripada Chrome, dan menawarkan kecepatan yang lebih baik. Cara clear cache pada browser ini adalah sebagai berikut.

 

  1. Pertama, buka Library, lanjutkan dengan pilih History, dan pilih Clear Recent History.
  2. Pada Time Range, kamu bisa menentukan tempo waktu penghapusan file, seperti yang ada pada Chrome tadi.
  3. Lanjutkan dengan pemilihan jenis file, dan klik Clear Now.

 

Dengan begini cache yang tersimpan sudah dihapus dan kamu bisa kembali menikmati kecepatan optimal pada mesin pencarian yang satu ini.

 

Lalu Bagaimana dengan Opera?

 

Nah, untuk mesin pencarian yang satu ini banyak digunakan karena memiliki plugin VPN bawaan yang memudahkan kamu dalam browsing situs yang mungkin diblokir oleh penyedia layanan internet. Cara membersihkan cache pada browser ini juga cukup mudah.

 

  1. Pilih icon History pada bagian bawah menu (sebelah kiri).
  2. Lanjutkan dengan klik Clear Browsing Data.
  3. Sedikit berbeda dengan dua browser lain, untuk Time Range kamu bisa memilih The Beginning of Time untuk menghapus cache dari awal penggunaan Opera.
  4. Tentukan elemen file yang ingin dihapus, lalu klik Clear Browsing Data.
  5. Dalam memilih elemen yang akan dihapus, pastikan kamu mencermatinya dan tidak asal menghapus. Mengapa? Sebab elemen yang akan dihapus juga ada opsi password dan autofill form data yang mungkin masih berguna.

 

Browser Apple, Safari

 

Menjadi browser bawaan dari perangkat produksi Apple, Safari terbukti cukup handal dan dapat mengakomodir setiap keperluan user-nya. Untuk kamu yang menggunakan mesin pencarian ini, begini cara clear cache yang bisa kamu lakukan step by step.

 

  1. Pertama, buka tab History yang ada di bagian atas menu.
  2. Lanjutkan dengan memilih Clear History.
  3. Selanjutnya, tentukan Time Range penghapusan cache yang diinginkan. Untuk menghapus setiap cache sejak awal pilih All History.
  4. Berbeda dengan mesin pencarian lain, Safari secara otomatis akan menghapus setiap cache tanpa mengharuskan Anda memilih jenis file yang akan dihapus.
  5. Klik Clear History untuk mengakhiri proses ini.

 

Cukup mudah dan sederhana bukan?

 

Menghapus cache pada mesin pencarian yang kamu gunakan sebenarnya dianjurkan untuk dilakukan secara rutin untuk menjagamengaja performa dari aplikasi tersebut. Memang bukan dalam artian setiap hari, namun setidaknya sebulan sekali kamu dianjurkan untuk melakukan prosedur ini.

 

Mencari informasi baru menggunakan internet dan berbagai aplikasi pendukungnya memang seperti sudah jadi hal pokok untuk orang-orang modern. Setiap jenis informasi bisa ditemukan, selama kamu tahu pasti dimana mencarinya. Untuk menjaga kenyamanan browsing, selain melakukan clear cache kamu juga sebaiknya memilih provider internet yang handal dan berkualitas.

 

Nah, setelah memahami cara clear cache di berbagai browser di atas, ada baiknya kamu juga tahu provider terbaik ketika akan pasang WiFi di rumah atau di tempat kerja. Biznet Home, dengan segala layanan yang dimiliki, dijamin akan memberikan pengalaman berinternet terbaik. Dengan kecepatan tinggi dan stabilitas yang dapat diandalkan, Biznet Home menjadi pilihan banyak orang untuk mendukung kinerjanya. Dapatkan penawaran menariknya sekarang juga dan bergabunglah bersama jaringan internet super cepat dari Biznet Home!