• Cakupan: 139 Kota
  • 1,824 Kelurahan
  • 4,285 Gedung
  • 1,162,454 Homepass
logo-biznet
Cara Setting Mikrotik Hotspot, Cepat dan Efektif

Cara Setting Mikrotik Hotspot, Cepat dan Efektif

POSTED ON October 23, 2020
17 people find this helpful

Memiliki hotspot pada tempat usaha, rumah, atau tempat tinggal kamu tentu akan jadi hal yang wajib di era kekinian. Bukan tanpa sebab, hal ini dikarenakan hampir setiap orang memerlukan koneksi internet setiap saat. Kebutuhan ini kemudian mempopulerkan penggunaan mikrotik hotspot, dimana kamu bisa melakukan manajemen pada jaringan yang kamu miliki dan digunakan orang lain.

 

Sebenarnya terdapat kemiripan pada hotspot biasa dan penggunaan mikrotik. Sama-sama menyediakan jaringan internet untuk digunakan banyak orang dalam satu waktu tertentu. Namun demikian, perbedaan terletak pada cara aksesnya. Jika hotspot biasa tidak memerlukan password dan dapat diakses bebas, mikrotik hotspot memungkinkan kamu memberikan kode akses, pengaturan jumlah pengguna, hingga bahkan durasi penggunaan setiap user.

 

Umum Digunakan di Tempat Usaha

 

Mikrotik hotspot sendiri awam digunakan di tempat usaha kekinian sehingga mengakomodir kepentingan banyak orang. Namun sialnya, ketika terlalu banyak orang yang mengakses dan ‘mengeksploitasi’ jaringan yang kamu sediakan, kecepatan akan menurun dan menyebabkan kepuasan penggunaan juga berkurang.

 

Tak heran jika mikrotik hotspot kemudian digunakan agar dapat menyaring pengguna aktif jaringan yang kamu sediakan. Jadi setidaknya, kamu bisa menyaring hanya pelanggan tempat usahamu saja yang akan mengakses jaringan hotspot tersebut. Bagaimana caranya? Dengan penerapan password ketika akan masuk dan menggunakan jaringan internet.

 

Penggunaan mikrotik hotspot sendiri secara umum akan memanfaatkan beberapa hal yang ada. Seperti misalnya:

 

  1. DHCP server, yang berguna memberi layanan IP otomatis ke user yang ada di lokasi itu.
  2. Firewall NAT, yang berguna menerjemahkan IP user ke IP yang dapat dikenali jaringan Internet.
  3. Firewall Filter, yakni berperan menghalangi atau block pengguna yang belum memasukkan password.
  4. Proxy, berguna untuk memberikan tampilan halaman login tempat memasukkan username dan password.

 

Lalu Bagaimana Cara Menggunakan dan Menyetel Mikrotik Hotspot?

 

Penggunaan beberapa hal yang ada pada mikrotik hotspot tersebut tidak perlu dilakukan secara manual sepenuhnya. Untuk sedikit memberikan gambaran dan membantu kamu menyetel hotspot yang akan digunakan, simak langkah berikut ini.

 

  1. Bukalah Winbox dan lihat setting IP address di mikrotik.
  2. Pilih menu IP, lanjutkan dengan Hotspot, dan Hotspot Setup.
  3. Tentukan Hotspot Interface yang akan digunakan (pilih yang akan dihubungkan dengan Access Point), biasanya digunakan ether2, lalu klik Next.
  4. Tentukan IP address gateway untuk hotspot, proses ini biasanya akan terisi secara otomatis dan mengarah pada IP address ether2.
  5. Selanjutnya tentukan pool dhcp server atau range ip address yang akan diberikan pada user, klik Next.
  6. Pada tahapan penentuan SSL, kamu tidak perlu mengisinya dan cukup pilih None, klik Next.
  7. Selanjutnya pengisian smtp server untuk hotspot, jika kamu tidak memilikinya, isi saja dengan 0.0.0.0 lalu tekan Next.
  8. Input DNS server yang akan digunakan di dalam jaringan hotspot, misalnya kamu bisa memasukkan IP DNS provider internet atau milik server seperti Google.
  9. Isikan nama domain DNS Lokal yang akan mengarahkan ke halaman login. Halaman ini harus diberi nama domain lokal, kemudian klik Next.
  10. Buat username dan password untuk pengguna, untuk percobaan isikan saja test di kedua kolom tersebut.
  11. Setelah selesai, akan muncul textbox yang memberikan informasi penyetelan selesai dilakukan. Coba sambungkan dengan perangkat, maka kamu akan mendapati halaman login yang tadi sudah dibuat.
  12. Proses penyetelan selesai, kamu tinggal menambahkan user yang bisa terkoneksi pada jaringan yang sudah kamu buat. Penambahan user ini sekaligus bisa memberikan batasan kecepatan, durasi penggunaan, serta batas total user yang bisa tersambung. Akan sangat efektif diterapkan di tempat usaha milik kamu.

 

Apakah Harus Didukung Internet Cepat dan Stabil?

 

Pemilihan penyedia layanan internet yang cepat dan stabil mutlak dilakukan agar dapat memberikan kenyamanan pada user yang ada di lokasi bisnis atau teman-teman kamu. Dengan bandwidth yang besar serta kestabilan jaringan yang terjamin, setiap orang akan dapat mengoptimalkan internet yang kamu sediakan.

 

Tentu tidak main-main, kamu sebaiknya melakukan riset kecil terlebih dahulu agar mendapatkan penyedia layanan internet yang terbaik. Jangan ragu untuk menghubungi call center dari provider yang ingin kamu kulik rincian paketnya. Bandingkan antara satu provider dengan yang lain agar mendapatkan paket internet terbaik dan paling menguntungkan.

 

Pemasangan mikrotik hotspot di tempat tinggal atau tempat usaha adalah cara yang efektif untuk membatasi jumlah pengguna yang bisa terhubung. Agar setiap user mendapatkan kecepatan optimal, tentu jumlahnya harus dibatasi. Semakin besar bandwidth dan kecepatan yang ditawarkan, maka semakin banyak pula user yang bisa terhubung.


Untuk mendukung pemasangan mikrotik hotspot yang kamu lakukan, kamu bisa menggunakan jaringan super cepat dan stabil dari Biznet Home. Dengan bandwidth besar, tanpa pembatasan FUP, didukung infrastruktur fiber optic yang handal, serta harga paket yang terjangkau, akan memberikan nilai terbaik untuk provider di kelasnya. Segera kunjungi laman Biznet Home, dan pasang WiFi untuk menikmati internet cepat dan stabil!