• Cakupan: 102 Kota
  • 1,378 Kelurahan
  • 2,615 Gedung
  • 598,504 Homepass
DAFTAR
logo-biznet
Internet Lemot? Ini 5 Cara Mempercepat Koneksi Internet di Smartphone!

Internet Lemot? Ini 5 Cara Mempercepat Koneksi Internet di Smartphone!

POSTED ON August 04, 2020
0 people find this helpful

 

Internet Lemot? Ini 5 Cara Mempercepat Koneksi Internet di Smartphone!

 

Penggunaan smartphone dalam kehidupan sehari-hari sudah menjadi hal yang sangat  wajar dilakukan banyak orang. Pasalnya, smartphone kini dapat mengakomodir berbagai kepentingan dan dapat terhubung dengan Internet. Tapi pernahkah kamu mengalami koneksi internet yang lambat pada smartphone kamu? Apakah kamu tahu kalau ada cara mempercepat koneksi Internet pada smartphone kamu?

Lambatnya kecepatan internet ketika diakses melalui smartphone memang selalu jadi hal yang menjengkelkan. Padahal, kini banyak sekali pekerjaan yang bisa diselesaikan dan dikerjakan dengan smartphone, asalkan jaringan Internet cukup stabil dan cepat. Memang tak jarang hal ini disebabkan oleh adanya proses perbaikan atau gangguan jaringan. Namun, bisa jadi yang menyebabkan koneksi Internet menjadi lambat adalah smartphone kamu sendiri.

Lalu bagaimana cara mempercepat koneksi Internet jika masalahnya terletak pada smartphone? Kamu berada di tempat yang tepat. Simak penjelasan berikut ini untuk informasi lengkapnya ya!

Gunakan Tampilan Smartphone Ketika Browsing

Ketika kamu ‘berselancar’ di dunia maya melalui smartphone, selalu pastikan untuk menggunakan tampilan smartphone. Beberapa situs yang telah menerapkan sistem otomatis untuk menyesuaikan perangkat pembuka situs agar tampilan dan kecepatan Internet juga dapat disesuaikan.

Namun pada beberapa situs lain, masih ada yang secara default menerapkan tampilan desktop atau tampilan komputer. Selain akan memakan lebih banyak paket data, hal ini juga otomatis akan membuat koneksi Internet kamu bekerja lebih keras sehingga terkesan lemot dan tidak responsif. Karena itu, ubah aturan default ke tampilan mobile atau smartphone agar lebih cepat dan hemat paket data.

Matikan Tethering Jika Tidak Digunakan

Terkadang, setelah menggunakan fitur berbagi koneksi Internet via tethering, banyak orang yang lupa mematikannya, sehingga masih ada perangkat lain yang terhubung. Hal ini bisa membuat kapasitas koneksi yang dimiliki terbagi secara merata sehingga bisa membuat internet kita menjadi lebih lambat.

Karena itu, kamu bisa mematikan fitur pembagian koneksi via tethering agar koneksi yang kamu miliki akan sepenuhnya digunakan pada satu perangkat saja. Ini memang terkesan sederhana, namun sering dilupakan. Padahal, untuk mematikan dan menyalakan tethering ini hanya tinggal menekan satu tombol saja pada menu yang tersedia.

Cara Mempercepat Koneksi Internet dengan Mengunci Jaringan

Ketika menggunakan smartphone untuk terhubung ke jaringan internet, kamu pasti sudah tahu bahwa ada status yang menunjukkan kondisi jaringan kamu seperti 3G, atau 4G, atau bahkan 4G+. Tapi, apakah kamu menyadari bahwa status jaringan ini terkadang berubah-ubah dan berpengaruh pada kecepatan Internet yang kamu gunakan?

Idealnya, jaringan 4G+ merupakan status jaringan tercepat yang bisa dinikmati secara luas saat ini. Tapi, masih banyak setelan default yang meletakkan 4G sebagai standar jaringan. Karena itu, kamu bisa mengunci jaringan pada 4G saja sehingga tidak berubah-ubah dan tidak memperlambat koneksi. Jaringan kamu juga akan lebih stabil dan nyaman ketika digunakan.

Pemblokiran Iklan

Kamu pasti akan masuk ke berbagai situs untuk mencari informasi di Internet. Tidak jarang pula, situs yang diakses akan menampilkan berbagai iklan yang cukup mengganggu dan membuat Internet kamu bekerja semakin lambat. Untuk mempercepat koneksi Internet, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan pemblokiran iklan. Dengan diblokirnya iklan yang ditampilkan di situs tersebut, maka Internet yang kamu gunakan akan berkurang beban kerjanya dan situs yang dibuka akan [] lebih jadi cepat.

Rutin Membersihkan Cache

Satu hal yang juga sering terlupakan adalah ketika kamu berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain, dan aplikasi yang sebelumnya digunakan tidak ditutup. Secara terus menerus, aplikasi yang masih aktif ini akan menggunakan koneksi Internet kamu untuk terus aktif.

Nah, untuk yang satu ini, kamu bisa secara rutin membersihkan cache yang ada di smartphone kamu sehingga aplikasi yang tidak digunakan bisa benar-benar dihentikan operasionalnya. Dengan efektifnya penggunaan aplikasi yang terhubung ke Internet, koneksi Internet kamu akan berjalan lebih cepat dan lancar sehingga kamu tak akan lagi merasakan koneksi internet yang lambat dan menyebalkan.

 

Dengan mengetahui cara mempercepat koneksi Internet, kamu bisa dapetin pengalaman ber-Internet yang lebih berkualitas. Tentunya, cara tersebut juga harus didukung dengan memilih penyedia jasa layanan Internet yang berkualitas, sehingga kamu benar-benar bisa merasakan kelancaran dan kecepatan dalam mencari informasi atau menyelesaikan pekerjaan.

Cara mempercepat koneksi internet di atas adalah salah satu langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk meminimalisir penyebab Internet yang lambat. Gunakan selalu penyedia layanan internet dengan kualitas terbaik dan harga yang terjangkau, demi kenyamanan aktivitas digital kamu. Jangan lupa juga untuk selalu bijak dalam ber-internet, sebab jejak digital sulit sekali dihilangkan.