Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

ISP adalah Faktor Penting dalam Dunia Modern, Kok Bisa?

Apr 25, 2023

Di era yang serba modern dan online seperti sekarang ini, rasanya tak mungkin jika kamu berkegiatan tanpa terhubung ke jaringan Internet aktif. Jaringan Internet sudah menjadi kebutuhan pokok untuk masyarakat modern. Kebutuhan masyarakat ini kemudian difasilitasi oleh Internet service provider, atau layanan penyedia Internet (ISP). Dalam jaringan Internet yang kamu nikmati setiap hari, ISP adalah pemegang peranan yang sangat penting.

Mengapa demikian? Sebab ISP adalah pihak yang membantu kamu terhubung dengan jaringan Internet global sehingga kamu bisa mengakses berbagai informasi yang kamu butuhkan, baik dari smartphone, laptop, PC, atau perangkat lainnya. Tanpa adanya ISP sebagai pihak ‘penghubung’ dan ‘penyedia’ layanan, maka kamu juga akan kesulitan dalam mencari informasi secara online.

Fungsi dari ISP adalah…

Jika berbicara mengenai fungsinya, sebenarnya kamu sudah bisa menemukannya di bagian awal tadi. ISP adalah perusahaan atau pihak penyedia layanan koneksi Internet bagi masyarakat luas, termasuk kamu, sehingga semua orang yang berada dalam jangkauan layanannya bisa mengakses Internet dengan leluasa.

Jika ingin dijabarkan ke dalam poin yang lebih detail, mungkin fungsi ISP adalah sebagai berikut:

  1. Pihak yang bertugas menghubungkan pengguna Internet ke gateway Internet terdekat sehingga dapat terhubung dengan jaringan Internet.
  2. Perantara penghubung antara kamu sebagai user dengan situs yang menyediakan informasi.
  3. Menyediakan tempat untuk homepage.
  4. Pihak yang menyediakan layanan jasa sambungan Internet.
  5. Media yang bertugas membantu user dalam aktivitasnya mengunduh atau mengunggah data dari dan ke Internet.

Sebagian besar fungsinya adalah menyediakan, maka dari itu disebut dengan provider Internet. Tentu fungsi yang disebutkan di atas sifatnya hanya secara umum, karena kini penggunaan Internet semakin luas, maka otomatis fungsi khusus dari ISP juga akan terus berkembang.

Cara Kerja Internet Service Provider 

Cara kerja dari ISP sendiri sebenarnya sederhana, yakni menjadi perantara user dan jaringan Internet global yang menyediakan akses untuk semua orang. ISP akan melayani permintaan akses yang kamu berikan untuk kemudian di-routing ke jaringan yang kamu tuju. 

Tentu karena layanan ini sifatnya komersial, kamu harus mengeluarkan sejumlah uang untuk menikmati layanan yang diberikan. Tapi bagaimana dengan WiFi di tempat umum? Tidakkah hal tersebut gratis? Memang, untuk user akhir layanan tersebut gratis dan biasanya jadi fasilitas pendukung tempat umum. Namun pengelola tempat tersebut juga harus tetap membayarkan sejumlah biaya berlangganan kepada penyedia Internet yang digunakan jasanya.

Sederhananya, hal ini sama dengan pembelian paket data yang kamu lakukan dengan smartphone atau pembayaran Internet bulanan untuk digunakan di rumah kamu. Jadi secara berkala user harus membayar sejumlah uang untuk paket data yang sudah disepakati bersama.

Layanan ISP Bisa Digunakan oleh Semua Orang, Asalkan…

Asalkan setiap orang berada dalam jangkauan layanan yang diberikan oleh ISP. Sebagai satu lembaga penyedia layanan, terdapat cakupan area yang bisa dilayani oleh ISP. Memang idealnya area ini akan mencakup seluruh pelosok Indonesia, maka setiap IPS yang sekarang ada di Indonesia terus meningkatkan kualitas dan jangkauan jaringannya agar dapat melayani setiap orang di pelosok negeri.

Layanan ISP juga bisa digunakan selama layanan tersebut memiliki jaringan aktif. Selama kamu tidak terlambat melakukan pembayaran sesuai dengan kesepakatan dengan ISP, maka jaringan Internet yang kamu nikmati di rumah akan aman. Jika melanggar kesepakatan biasanya kamu akan mendapat teguran hingga pencabutan sepihak oleh penyedia layanan. Tentu saja ini akan merepotkan.

Memilih Penyedia Internet Terbaik di Indonesia

Tuntutan akan kecepatan koneksi Internet dan stabilitas yang tinggi biasanya dimiliki oleh setiap user. Tidak seru rasanya jika sedang streaming YouTube harus berhenti karena buffering bukan? Atau ketika kamu asyik bermain game kemudian harus terjadi lag? Tentu akan mengganggu kegiatanmu. Terlebih ketika kamu perlu melakukan con-call dengan klien, tidak stabilnya jaringan Internet akan jadi mimpi buruk yang sangat mengganggu.

Untuk memilih penyedia Internet atau ISP adalah hal wajib mempertimbangkan dua hal tersebut. Kecepatan koneksi dan stabilitas koneksi. Jangan lupa, pertimbangkan juga area cakupan layanannya. Hal ini kini dipermudah dengan prosedur standar dari ISP untuk melakukan cross check lokasi kamu dengan layanan yang disediakan. Setiap situs ISP akan memiliki fitur ini guna memastikan pemasangan Internet di rumah bisa dilakukan dengan lancar.

Memilih layanan ISP adalah faktor penting dalam kelancaran aktivitas sehari-hari. Tentu saja, jika berbicara mengenai ISP di Indonesia yang terbaik, kamu wajib menilik layanan Biznet Home. Dengan paket-paket yang sangat menarik baik dari segi harga maupun spesifikasi yang ditawarkan, Biznet Home selalu berupaya memberikan yang terbaik untuk pelanggannya. Pasang WiFi di rumah bukan lagi hal yang sulit dan mahal, dengan hadirnya layanan Biznet Home di area kamu. Segera lihat detail paket yang ditawarkan, dan bergabunglah bersama layanan Internet super cepat dan stabil dari Biznet Home!

#PakeBiznet Lebih Cepat!