Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Kenali Apa Itu Mbps dan MBps Supaya Kamu Tidak Bingung

Apr 27, 2023

Pernah gak sih kamu berlangganan Internet 50 Mbps tapi pada saat kalian melakukan download dan melihat di aplikasi  download  seperti IDM, Steam atau Torrent, kecepatannya cuma dapet 6.25 MBps? Apakah jangan-jangan kita sudah dibohongin sama  provider Internet yang kita gunakan? Nah! Jawabannya sama sekali gak dibohongin kok. Untuk itu, kalian harus pahami dulu nih apa sih pengertian dan perbedaan dari kecepatan Iinternet Mbps dan MBps.

Disini kita akan jelaskan sedikit mengapa langganan Internet yang 50 Mbps cuma dapat kecepatan 6.25 MBps. Secara singkat jawabannya adalah hanya beda satuan saja.

Berikut ini adalah penjabaran satuannya:

MBps= Megabyte per second

Mbps= Megabit per second

KBps= Kilo Byte per second

Kbps= Kilobit per second

B= byte

b= bit

1 byte= 8 bit

Jika dibandingkan, Mbps itu lebih kecil daripada MBps. Walaupun dalam penulisannya menggunakan huruf yang sama, namun ada perbedaan dalam penulisan huruf “B”, yang mana pada Mbps, huruf “b” ditulis dengan huruf kecil bukan kapital.

Dilihat dari kepanjangannya, satuan Mbps berarti mengukur kecepatan Iinternet dengan satuan bit pada setiap detik. Lazimnya, satuan Mbps ini lah yang digunakan oleh ISP. Karena itu, jika kita menggunakan speedtest, yang muncul adalah kecepatan dengan satuan Mbps. Hal ini mungkin bisa bikin kamu bingung, karena terkadang angka yang ada di speedtest berbeda dengan yang ada di aplikasi download seperti IDM dan sebagianya.

Berbeda dengan Mbps yang menggunakan satuan bit per detik, MBps menggunakan satuan byte. Itulah cara yang paling mudah untuk membedakannya.

Lalu, apa lagi yang membedakan antara Mbps dengan MBps?

Ada banyak perbedaanya, mulai dari penggunaan pada perangkat sampai dengan ukuran. Satuan MBps biasanya dipakai di perangkat seperti smartphone, modem, komputer, laptop, konsol game dan perangkat lainnya. Jadi, kecepatan yang akan diterima oleh perangkat akan berbeda dengan ISP.

Nah, karena ada perbedaan satuan antara ISP dengan perangkat inilah yang harus dikonversi terlebih dahulu jika ingin mengetahui  speed WiFi aslinya. Jadi kamu gak perlu bingung jika kecepatan Internet di perangkat berbeda dengan kecepatan jaringan. Selain itu, kecepatan jaringan juga tidak dapat diprediksi karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan Internet.

Selain satuan yang berbeda, memang ada juga beberapa faktor yang mempengaruhi kenapa kecepatan Iinternet tidak sesuai, yaitu:

Kemampuan Perangkat

Ada perangkat yang bisa mempengaruhi kecepatan Iinternet. Misalnya, kamu beli paket Iinternet 4G tapi perangkat yang kamu gunakan hanya support jaringan 3G, sudah pasti kecepatan Iinternet kamu jadi kurang maksimal. Begitu juga seandainya ISP kamu menggunakan jalur kabel sampai 1 Gbps, tapi di satu sisi port router kamu hanya sampai 100 Mbps, ini juga akan membuat kecepatan Iinternet kamu jadi tidak maksimal.

Jenis jalur Internet yang dipakai

Untuk menyalurkan Internet, ISP biasanya menggunakan beberapa jalur. Untuk Internet kabel biasanya menggunakan kabel tembaga (coaxial) dan kabel Fiber Optic. Dan untuk Internet yang wireless menggunakan Wifi atau sinyal 4G dan 3G. Setiap jenis kabel memiliki kemampuan daya alir Internet yang berbeda-beda. Yang tercepat saat ini tentunya adalah kabel Fiber Optic. Selanjutnya untuk wireless, konsepnya sama seperti kabel, dimana setiap jenis wireless memiliki kemampuan daya alir masing-masing. Mulai dari yang tercepat yaitu WiFi, kemudian 4G dan setelah itu 3G.

Kekuatan sinyal

Semakin bagus sinyal, maka peluang mendapatkan kecepatan tinggi semakin besar. Namun sebaliknya, jika sinyal kamu buruk, selain lambat bukan tidak mungkin Iinternet kamu juga bisa terputus. Kenapa hal ini bisa terjadi? Karena dengan buruknya sinyal yang kamu dapatkan, bikin yang namanya loss bandwidth semakin besar. Namun, apabila ISP kamu menggunakan jalur kabel fiber optik masalah ini bisa diminimalisir.

Kunci utama mendapatkan kualitas dan kekuatan layanan Internet kamu, kembali pada ketepatan pemilihan provider Internet terbaik. Dalam hal ini, Biznet Home adalah pilihan terbaik untuk kamu. Dengan jaringan luas, kecepatan tinggi, serta stabilitas koneksi Internetnya yang cepat dan stabil, kamu tidak akan kecewa pasang WiFi dari Biznet Home. Segera lihat paket penawarannya, dan dapatkan paket terbaik untuk kamu!

#PakeBiznet Lebih Cepat!