• Cakupan: 113 Kota
  • 1,555 Kelurahan
  • 3,271 Gedung
  • 851,808 Homepass
logo-biznet
Kenapa Kecepatan Internet Menurun? Cek Penyebabnya di Sini!

Kenapa Kecepatan Internet Menurun? Cek Penyebabnya di Sini!

POSTED ON August 10, 2020
0 people find this helpful

 

Siapa yang tidak merasa kesal jika kecepatan Internet yang digunakan tidak stabil dan cenderung lambat? Dapat dipastikan hampir setiap orang akan merasa kesal ketika menghadapi hal ini. Terlebih di era digital seperti saat ini, yang hampir setiap hal bisa lebih mudah dilakukan dengan bantuan Internet. Tentunya, kita semua ingin Internet yang digunakan cepat dan stabil bukan?

Sebenarnya jika kamu mau sedikit mengulik, Internet yang melambat tidak hanya disebabkan oleh faktor yang terjadi pada penyedia jasa Internet yang kamu gunakan. Ada banyak faktor lain yang juga bisa mempengaruhi kecepatan Internet yang kamu gunakan. Siapa tahu, dengan menghilangkan faktor-faktor tersebut, kecepatan Internet kamu bisa kembali seperti semula. Nah, untuk membantu kamu mencari tahu, kamu bisa simak beberapa poin berikut ini.

Kapasitas Perangkat yang Digunakan

Jika perangkat yang kamu gunakan tidak benar-benar mendukung koneksi Internet cepat, maka kinerja dari perangkat tersebut tidak akan optimal. Dengan perkembangan jaringan Internet yang semakin pesat, maka perangkat keras seharusnya juga harus dapat mengikuti perkembangan tersebut.

 

Tak jarang perangkat keras yang kamu miliki sebenarnya sudah outdated sehingga tak mampu lagi mengikuti kecepatan yang disediakan oleh provider. Kamu bisa mengatasinya dengan melakukan upgrade pada perangkat yang kamu miliki. Misalnya saja dengan melakukan upgrade RAM, prosesor, atau perangkat penerima sinyal WiFi yang ada di perangkat kamu.

Kualitas Modem 

Lagi-lagi terkait perangkat keras, ketika kamu menggunakan modem yang sudah mendukung jaringan Internet terbaru, tentu kecepatannya juga akan menyesuaikan dan dapat melakukan akses data dengan optimal. Sebelum membeli modem, ada baiknya kamu memastikan spesifikasi modem yang sesuai.

 

Bukan berarti modem lawas kamu tidak bisa digunakan lagi. Namun, sebagai contoh, dengan pipa berdiameter 2 centimeter, maka aliran air maksimal yang bisa dialirkan tentu sesuai dengan ukuran diameter pipa tersebut. Meski air sebenarnya dapat dialirkan lebih cepat dengan pipa yang lebih besar, namun jika kapasitas pipa yang digunakan terbatas maka aliran dan jumlah air yang disalurkan tidak akan optimal.

Bandwidth dan Kecepatan Internet

Tidak jarang, kamu dengan sengaja menggunakan layanan yang biayanya ekonomis untuk tetap dapat mengakses Internet. Jika koneksi Internet tersebut hanya digunakan oleh kamu, mungkin tidak jadi masalah. Namun, jika digunakan oleh semakin banyak orang maka masalah kecepatan Internet pasti akan muncul.

 

Paket Internet murah tidak selamanya harus mengorbankan kualitas. Kamu tetap bisa menggunakan jaringan dengan harga paket murah yang menawarkan kecepatan optimal, selama kamu melakukan pembatasan pada jumlah perangkat yang mengakses Internet melalui jaringan yang kamu miliki. Semakin banyak pengguna maka kecepatan idealnya akan semakin menurun, demikian pula sebaliknya.

Keadaan Ruangan dan Kekuatan Sinyal

Kecepatan Internet yang kamu gunakan juga dapat dipengaruhi oleh keadaan ruangan dan kekuatan sinyal dari router yang digunakan. Biasanya, kecepatan akan menurun ketika ruangan atau rumah yang kamu tempati memiliki dinding tebal. Memang sinyal yang dipancarkan dapat menembus dinding, namun jika terlalu tebal, tentu kecepatan pengiriman dan penerimaannya akan menurun.

 

Selain keadaan lokasi, kecepatan Internet juga akan dipengaruhi oleh kekuatan sinyal. Semakin tinggi jaringan yang bisa didapatkan, maka semakin cepat pula Internet yang digunakan. Jaringan 3G akan memberikan kecepatan yang jauh lebih rendah dibandingkan jaringan 4G atau 5G. 

Terakhir, Cara Mengecek Kecepatan Internet

Jika beberapa masalah yang ada di poin sebelumnya sudah kamu pahami, kamu juga bisa memastikan kecepatan Internet dengan menggunakan aplikasi dan situs yang menyediakan layanan ini. Jangan khawatir, banyak situs dan aplikasi yang menawarkan layanan gratis, sehingga kamu bisa mengetahui secara pasti berapa besar ping, kecepatan download, dan kecepatan upload dari jaringan yang kamu miliki.

Tapi ingat, terkadang penyedia layanan gratis memang tidak bisa diandalkan untuk memberikan informasi yang 100% valid. Setidaknya dengan memeriksa keadaan jaringan secara gratis, kamu akan mendapat gambaran umum mengenai bagaimana kondisi dan kecepatan Internet yang kamu gunakan sekarang.

 

Memilih provider jaringan Internet yang tepat bisa jadi salah satu solusi untuk permasalahan kecepatan Internet kamu. Tidak harus selalu mahal, paket Internet murah juga nyatanya tetap dapat memberikan layanan berkualitas, dengan catatan kamu mengetahui batas pengguna yang bisa terkoneksi ke jaringan tersebut, sehingga setiap pengguna tetap dapat mendapatkan kecepatan Internet yang maksimal. Selalu pilih penyedia jasa layanan internet terbaik agar kamu selalu memiliki jaringan Internet cepat, lancar, dan berkualitas.