• Cakupan: 139 Kota
  • 1,823 Kelurahan
  • 4,284 Gedung
  • 1,162,446 Homepass
logo-biznet
Mengatasi Masalah pada Wireless Router, Tidak Selalu Sulit Kok!

Mengatasi Masalah pada Wireless Router, Tidak Selalu Sulit Kok!

POSTED ON October 12, 2020
1 people find this helpful

Menggunakan wireless router tampaknya akan menjadi solusi baru untuk kamu dan setiap orang yang ada di dunia untuk terhubung ke jaringan Internet. Bukan tanpa sebab, hal ini dikarenakan perangkat tersebut memberikan kemudahan operasional, aksesibilitas yang baik, serta tidak memerlukan banyak kabel sebagai penghubungnya. Tentu saja secara estetika juga tampilannya tampak lebih ‘tampan’ dibandingkan router konvensional.

 

Namun meski perangkat ini dapat dikatakan mampu memberikan banyak fitur dan kelebihan, kamu sepertinya tetap tidak akan lepas dari permasalahan error pada router dan menyebabkan kecepatan koneksi Internet menurun. Bahkan mungkin bisa benar-benar terputus dari jaringan sehingga mengganggu kegiatan yang kamu lakukan.

 

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Sebelum masuk ke cara-cara teknis yang lebih rumit, pastikan kamu sudah melakukan hal-hal sederhana berikut ini. Bisa jadi masalah disebabkan hal simple yang hanya memerlukan solusi mudah.

Melakukan Boot Ulang atau Restart

 

Well, seperti banyak perangkat elektronik lain yang terhubung ke Internet, melakukan restart adalah solusi termudah mengatasi koneksi lambat atau terputus. Cara ini efektif juga untuk mendapatkan jaringan yang lebih ‘segar’ sehingga kamu bisa kembali terhubung dengan Internet untuk menyelesaikan pekerjaanmu.

 

Beberapa wireless router bahkan sebaiknya di restart secara berkala agar tetap dapat memberikan performa terbaik. Setelah mematikan perangkat ini, tunggu beberapa detik untuk memastikan jaringan benar-benar terputus. Setelah itu, nyalakan dan tunggu sampai router mendapatkan jaringan yang lebih baru dan segar. Cukup mudah dan sederhana mengingat kebanyakan perangkat memiliki tombol on dan off yang mudah dijangkau.

Pastikan Semua Kabel Terhubung

 

Terdengar tidak masuk akal? Nyatanya tidak sedikit kejadian wireless router gagal menghubungkan perangkat kamu ke Internet dikarenakan kabel yang tercabut dan tidak terhubung pada perangkat ini. Hal ini biasanya terjadi ketika router ditempatkan pada lokasi yang banyak dilalui orang atau anak kecil, sehingga memperbesar kemungkinan kabel tersentuh, tercabut, dan sebagainya.

 

Secara berkala pastikan posisi router berada di tempat yang aman dan bebas dari jangkauan anak-anak. Kita tentu tak bisa menyalahkan rasa penasaran anak-anak pada perangkat yang mungkin belum pernah dilihatnya bukan? Pastikan setiap kabel terpasang, dan posisi router tidak berada pada lokasi yang ‘sibuk’ untuk hilir mudik orang-orang.

Apakah Suhunya Terlalu Tinggi?

 

Suhu tinggi menjadi musuh utama dari banyak sekali perangkat elektronik. Biasanya ketika suhu terlalu tinggi, performa perangkat elektronik akan menurun. Hal ini juga terjadi pada wireless router, ketika suhunya terlalu tinggi atau tidak ada sirkulasi udara yang cukup maka perangkat akan terganggu dan tidak dapat bekerja dengan optimal.

 

Solusinya cukup mudah, yaitu dengan memastikan aliran udara di sekitar router kamu cukup baik dan router juga memiliki lubang angin yang cukup besar. Dengan sirkulasi udara yang baik maka router akan terjaga suhunya sehingga tidak mengalami overheat. Selalu periksa secara berkala ya, sebab ketika router mengalami suhu yang terlalu tinggi pada waktu yang lama, ini dapat merusak perangkat keras tersebut secara permanen.

Posisi Menentukan Prestasi

 

Dalam hal koneksi Internet yang didapatkan melalui wireless router, posisi akan sangat menentukan kualitas jaringan yang dapat dipancarkan. Semakin baik posisi router maka semakin optimal juga pancaran sinyal yang bisa didapatkan. Sebaliknya, ketika posisinya buruk maka sinyal tidak akan didapatkan dengan baik oleh perangkat laptop, smartphone, atau perangkat lainnya.

 

Tempatkan router pada lokasi yang cukup lega tanpa penghalang yang tebal. Selain itu, menempatkan router pada area yang tinggi juga dapat membantu mengoptimalkan sinyal yang dipancarkan. Jika diperlukan kamu bisa menambahkan antena eksternal untuk memaksimalkan pancaran sinyal yang diberikan (jika belum ada). 

 

Hindari menempatkan router pada area basement, atau ruangan dengan tembok yang terlalu tebal. Hal ini dapat benar-benar menghambat penerimaan sinyal oleh perangkat lain, dan berujung pada Internet lemot yang sangat menyebalkan. Hal sederhana seperti posisi router pada kenyataannya dapat benar-benar berpengaruh pada kualitas koneksi yang dipancarkan. Tentu, hal ini lepas dari pemilihan ISP berkualitas dengan jaminan mutu.

 

Menghadapi permasalahan pada wireless router dan koneksi Internet yang tidak optimal tidak harus selalu dilakukan dengan berbagai program dan cara yang sulit. Beberapa cara sederhana tersebut bisa kamu coba sebelum panik dan menggunakan cara sulit lain. Baru kemudian ketika cara-cara ini tidak bekerja, kamu bisa mencari solusi melalui berbagai tutorial yang bisa dengan mudah didapat dengan bantuan Internet.


Penggunaan wireless router adalah pilihan terbaik yang bisa kamu dapatkan ketika perlu pasang WiFi di rumah atau tempat usaha. Nah, untuk jaringan Internet cepat dan stabil, kamu bisa mempercayakannya pada Biznet Home yang sudah sangat berpengalaman di bidang ini. Dengan harga yang terjangkau dan layanan prima, kamu bisa menikmati jaringan Internet cepat dan stabil dengan nyaman. Segera berlangganan dan nikmati waktu ber-Internet kamu!