• Cakupan: 139 Kota
  • 1,824 Kelurahan
  • 4,285 Gedung
  • 1,162,454 Homepass
logo-biznet
Mengenal Kabel dengan Inti Serat Kaca, Fiber Optik

Mengenal Kabel dengan Inti Serat Kaca, Fiber Optik

POSTED ON October 12, 2020
0 people find this helpful

Menggunakan jaringan Internet dengan basis transmisi fiber optik mungkin kini sudah bukan hal yang mewah. Pasalnya, hampir setiap ISP menyediakan model transmisi ini pada jaringan yang diberikan. Tujuannya sederhana, agar kamu sebagai pelanggan bisa menikmati Internet cepat dan stabil sehingga semua kegiatan yang dilakukan dapat berjalan dengan baik.

 

Yang jarang disadari adalah, bahwa fiber optik ini tidak hanya memiliki satu jenis saja, melainkan dapat dibagi menjadi dua. Nah, untuk mengetahui jenis fiber optik, lengkap dengan pengertian sederhana dan cara kerjanya, kamu bisa melihat penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Fiber Optik

 

Secara sederhana, fiber optik adalah jenis kabel yang memiliki inti terbuat dari serat kaca. Bila biasanya kabel yang digunakan memiliki inti tembaga, pada fiber optik intinya diganti agar dapat mentransmisikan sinyal Internet lebih cepat dan stabil. Jika dibandingkan dengan ukuran inti tembaga, ukurannya jauh lebih kecil. Berkisar kurang lebih 120 mikrometer saja.

 

Penggunaan inti kabel ini didasarkan pada kemampuan transmisi sinyalnya yang jauh lebih tinggi. Prinsip kerja yang digunakan adalah pembiasan cahaya, sehingga pulsa-pulsa Internet dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain dengan lebih cepat. Tidak heran jika kemudian banyak penyedia jasa layanan Internet melakukan upgrade pada kabel yang digunakannya dengan jenis kabel ini.

Dua Jenis Kabel dengan Inti Serat Kaca

 

Nah seperti yang dijelaskan di awal tadi bahwa kabel jenis ini memiliki dua jenis inti yang menjadi pembedanya. Titik perbedaan terletak pada kemampuan penyebaran cahaya, serta ukuran inti optik yang digunakan.

Kabel Fiber Optik Mode Tunggal

Merupakan kabel jaringan yang hanya memiliki transmisi tunggal. Jadi pada satu waktu hanya dapat menyebarkan cahaya pada satu inti saja. Kabel ini memiliki ukuran inti yang cukup kecil, sekitar 9 mikrometer. Inti ini digunakan sebagai media utama dalam transmisi gelombang cahaya dari sinar inframerah. Panjang gelombangnya berkisar antara 1300 hingga 1550 nanometer.

Kabel Fiber Optik Mode Jamak

Berbeda dengan kabel optik dengan inti tunggal, kabel tipe ini dapat mentransmisikan banyak cahaya dalam satu waktu yang sama karena inti yang ada di dalamnya cukup besar. Jika pada kabel mode tunggal intinya berukuran 9 mikrometer saja, pada mode jamak ukuran intinya mencapai 625 mikrometer. Ukuran seperti ini memungkinkan jaringan melayani banyak orang, sehingga cenderung digunakan untuk keperluan komersial. Gelombang yang dikirimkan berkisar antara 850 sampai 1300 nanometer.

 

Bagaimana Prinsip Kerjanya?

 

Penggantian inti dari bahan tembaga menjadi bahan serat kaca adalah terobosan yang cukup signifikan. Pasalnya, dengan penggantian inti ini, gelombang yang dipancarkan tak lagi menggunakan aliran listrik, dan berganti menggunakan aliran cahaya. Mengapa ini signifikan? Karena dengan aliran cahaya, gelombang yang ditransmisikan tak lagi akan terganggu oleh gelombang elektromagnetik yang biasanya dipancarkan oleh alat-alat elektronik.

 

Ini yang  menjadi alasan mengapa kecepatan dan stabilitas jaringan bisa meningkat. Dahulu ketika penggunaan kabel tembaga, sinyal banyak terganggu oleh peralatan yang kebetulan berada di dekat kabel Internet. Namun kini sinyal tak lagi bisa terpengaruh oleh gelombang ini, sehingga apa yang ditransmisikan dari pusat layanan bisa benar-benar dirasakan oleh pelanggannya, termasuk kamu.

 

Secara teknis, prinsip kerja fiber optik adalah memanfaatkan serat kaca sebagai bahan penyusun untuk mendapatkan refleksi atau pantulan cahaya total yang tinggi. Hal ini memungkinkan cakupan pancaran sinyal menjadi tidak terbatas, selama suatu daerah masih memiliki kabel yang sama. Pantulan atau refleksi cahaya ini sendiri diperoleh melalui cahaya yang ‘berjalan’ di serat kaca pada sudut yang rendah.

Lalu Apa Saja Kelebihan Serat Kaca sebagai Media Transmisi Ini?

 

Jika berbicara kelebihan mungkin yang paling terasa adalah meningkatnya kecepatan dan stabilitas dari jaringan Internet yang kamu nikmati. Disamping itu, ada beberapa kelebihan lain yang bisa kamu dapatkan:

 

  1. Data dapat ditransmisikan dalam jarak yang jauh tanpa harus memerlukan penguat sinyal.
  2. Bahan yang tidak mengandung logam akan tahan dari karat.
  3. Tahan terhadap gelombang elektromagnetik.
  4. Tidak mengandung aliran listrik, sehingga minim resiko konslet atau terbakar.
  5. Ukuran kabel yang digunakan lebih kecil dan fleksibel.
  6. Keamanan cenderung tinggi karena akan minim gangguan.

 

Memang di samping kelebihan tersebut ada sedikit konsekuensi yang harus kamu tanggung, misalnya seperti biaya instalasi yang lebih tinggi, memerlukan sumber cahaya yang kuat, serta kabel pemasangan kabel tidak bisa dibelokkan dengan sudut yang kecil karena serat kaca yang rawan pecah sehingga harus dipasang dengan sudut berbelok yang besar  sehingga memakan area yang cukup luas. Namun demi Internet yang cepat dan stabil, rasanya hal ini tidak terlalu menjadi masalah bukan?

 

Salah satu layanan Internet rumah yang memberikan jaringan dengan transmisi fiber optik adalah Biznet Home. Dengan harga paket yang terjangkau, layanan kualitas premium, hingga Internet cepat dan stabil, Biznet Home siap menjadi partner terbaik ketika kamu ingin pasang WiFi. Segera kulik informasi mengenai paketnya, dan dapatkan layanan Internet cepat berkualitas dari Biznet Home!