• Cakupan: 139 Kota
  • 1,823 Kelurahan
  • 4,284 Gedung
  • 1,162,446 Homepass
logo-biznet
Menggunakan WiFi Extender, Perlukah?

Menggunakan WiFi Extender, Perlukah?

POSTED ON October 23, 2020
0 people find this helpful

Pernahkah kamu merasakan sinyal WiFi yang kamu miliki menjadi lemah di beberapa titik? Atau mungkin, ketika kamu memiliki tempat usaha kecil, banyak pelanggan yang mengeluhkan hal ini? Selain karena pemilihan provider yang mungkin kurang tepat, masalah ini juga bisa disebabkan karena adanya zona blindspot. Solusi untuk masalah kedua cukup mudah, dengan memanfaatkan WiFi extender.

 

WiFi extender sendiri merupakan satu perangkat keras yang berguna untuk ‘membantu’ memperluas jangkauan WiFi yang kamu miliki. Perangkat ini umum digunakan di tempat usaha yang memiliki struktur bangunan dengan tembok tebal atau perangkat elektronik yang memancarkan gelombang elektromagnetik, yang secara langsung dapat menghambat pancaran sinyal WiFi dari router yang kamu miliki.

 

‘Perpanjangan Tangan’ Router WiFi

 

Secara sederhana, WiFi extender adalah perpanjangan tangan dari WiFi yang digunakan untuk membantu sinyal WiFi bisa ditangkap di setiap sudut ruangan atau titik. Hal ini sangat berguna untuk menghilangkan titik buta pada pancaran WiFi yang kamu miliki, sehingga setiap orang bisa terhubung dengan internet pada kecepatan yang sama dan seimbang. WiFi extender juga disebut sebagai repeater dan booster. Sebenarnya ketiga perangkat ini memiliki fungsi dasar yang sama. Hanya mungkin dalam pengoperasiannya yang sedikit berbeda. Jadi, sebagai konsumen yang bijak, kamu tak perlu bingung oleh istilah yang digunakan yang penting harus memahami fungsi dari perangkat ini.

 

Disebut perpanjangan tangan dari router karena extender yang kamu gunakan pada dasarnya akan membantu sinyal internet yang dipancarkan oleh router di titik yang berbeda, sehingga secara umum cakupan dari WiFi yang ada di ruangan atau area akan menjadi lebih luas.

 

Cara Kerja WiFi Extender

 

Sinyal internet yang disalurkan oleh provider ke router yang kamu miliki akan memiliki jangkauan wajar yang sudah ditentukan. Hal ini dipengaruhi oleh jenis dan kapasitas router, serta paket yang kamu gunakan. Nah, sinyal ini tidak serta merta dapat menjangkau setiap ruangan. Pada ruangan yang terhalang oleh tembok tebal atau alat masak seperti microwave, sinyal cenderung akan lemah atau bahkan sama sekali tidak bisa diterima.

 

WiFi extender kemudian hadir menjadi salah satu solusi yang bisa kamu gunakan. Caranya adalah dengan menyambungkan WiFi extender dengan router utama yang kamu miliki, kemudian menjadikan extender ini sebagai pemancar sinyal pembantu. Letakkan perangkat ini di ruangan yang sulit menerima pancaran WiFi dari router utama, dan perhatikan betapa sinyal kini menjadi kuat dan bisa digunakan dengan baik.

 

Penghubungan antara router dan extender ini sifatnya adalah menyiarkan ulang sinyal yang dipancarkan router, jadi bukan memperkuat. WiFi extender disambungkan pada saluran listrik, kemudian dihubungkan dengan router menggunakan media sinyal yang dipancarkan oleh antenanya. Antena ini berfungsi menangkap sinyal dari router, menyiarkannya kembali, serta menangkap respon dari perangkat user dan mengirimkannya pada router untuk diproses. Cukup sederhana bukan?

 

Kapan Waktu yang Tepat untuk Menggunakannya?

 

Pada dasarnya, selama WiFi yang kamu miliki sudah bisa dinikmati sesuai dengan tujuan pemasangan, maka perangkat ini tidak terlalu diperlukan. Namun jika ternyata setelah dipasang masih terdapat titik buta, maka kamu bisa mempertimbangkan pemasangan WiFi extender ini. 

Sebenarnya beberapa router dijual dengan kemungkinan untuk dimodifikasi. Pada bagian antena, beberapa router ‘mengijinkan’ modifikasi berupa penambahan atau penggantian antena. Tujuannya sama, yakni memperluas jangkauan dari WiFi yang dipancarkan oleh perangkat. Kamu juga bisa mencoba memindahkan router yang kamu miliki ke tempat yang lebih tinggi, yang tidak terhalang oleh benda tebal.

 

Jika cara sederhana ini tidak membantu, maka kamu bisa mencoba memasang WiFi extender untuk memperbesar jangkauan dan menghilangkan titik buta. Jangan ragu untuk meminta petunjuk pada penjual perangkat guna pemasangannya. Namin kini, kamu juga bisa melihat tutorial pemasangan di media online. Ketikkan saja nama dan tipenya, maka dengan mudah kamu akan menemukan tutorial cara memasang extender tersebut.

 

Penggunaan WiFi extender sebenarnya hanya untuk membantu mengurangi titik buta dan memperbesar cakupan pancaran. Hal yang perlu diingat adalah kecepatan yang dimiliki oleh layanan akan tetap sama dan sesuai dengan kapasitas router utama. Ini yang harus ditekankan, karena extender tidak bersifat memperkuat, hanya memperbesar cakupan dari pancaran router utama yang digunakan.


Nah, agar pemasangan WiFi extender lebih optimal, selalu perhatikan cara pemasangannya. Sinyal WiFi yang kuat harus didukung oleh provider yang benar-benar terpercaya kualitas layanannya. Biznet Home, merupakan layanan internet dengan kecepatan tinggi dan stabilitas yang terjamin karena didukung oleh infrastruktur fiber optic terkini. Kamu bisa pasang WiFi dengan mudah, langsung  hubungi  layanan konsumen,   informasikan data kamu dan konfirmasikan lokasi rumah kamu untuk segera menggunakan layanan dari Biznet Home. Atau kunjungi laman Biznet Home dan dapatkan paket internet terbaik disana.