Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Perangkat Mesh WiFi untuk Jaringan yang Lebih Stabil

Apr 28, 2023

Berlangganan layanan Internet berkualitas dan Pasang WiFi di rumah kini sudah jadi satu kebutuhan. Dan jika tempat kamu berstruktur cukup besar dan memiliki tembok yang tebal, kamu juga harus memikirkan bagaimana cara setiap ruangan bisa mendapatkan akses ke jaringan Internet tersebut. Salah satu caranya adalah dengan set-up mesh WiFi, yang memungkinkan pancaran sinyal dari router utama disebarkan secara merata ke setiap sudut rumah kamu.

Cara ini belakangan sering digunakan untuk menjangkau area yang lebih luas atau ruangan yang mungkin terhalang objek terlalu tebal. Mesh WiFi sendiri berperan sebagai ‘jala pemancar sinyal’ dari router utama yang terhubung pada layanan penyedia jaringan Internet, jadi kamu tak lagi akan mengenal cerita tidak bisa mengakses WiFi karena sinyal tidak terdeteksi. Lalu bagaimana cara kerja dari mesh WiFi itu sendiri?

Cara Kerja Mesh WiFi

Mesh WiFI sendiri sebenarnya adalah evolusi dari penggunaan penguat sinyal atau perpanjangan sinyal. Hanya saja konsep yang digunakan sedikit diadaptasi, sehingga sinyal yang dipancarkan bisa lebih merata. Pada waktu yang bersamaan, traffic yang terjadi pada jaringan yang digunakan dibuat sedemikian rupa agar distribusi bebannya merata. 

Pada penggunaan access point tradisional, kamu memang bisa menggunakan perangkat ini untuk memperkuat sinyal di titik-titik yang tidak terlihat dan membuat lebih banyak perangkat terhubung. Namun nilai kurangnya adalah bahwa traffic yang muncul dari penggunaan akan dialirkan secara estafet, dari satu access point ke access point lain. Memang tidak akan terasa ketika pengguna berjumlah sedikit. Namun ketika penggunanya melonjak penurunan kecepatan akan sangat terasa untuk setiap pengguna.

Nah, pada mesh WiFi, konsep yang digunakan adalah jala. Jadi setiap perangkat akan memancarkan sinyal secara mandiri, sehingga tidak akan menggunakan sistem estafet. Traffic yang terjadi akan ditransmisikan secara mandiri ke router utama, sehingga kecepatan pengguna tidak akan menurun. Konsep ini sangat awam digunakan pada bangunan modern atau kafe-kafe kekinian.

Mesh WiFi sendiri dirasa menjadi pengganti tepat untuk penerapan access point di dunia modern, yang benar-benar membutuhkan kecepatan Internet tinggi dan stabil. Bayangkan, dengan menerapkan cara ini di tempat usaha yang kamu miliki, kamu bisa memfasilitasi setiap orang untuk mendapatkan akses Internet yang cepat dan berkualitas. Benar-benar bisa memaksimalkan kecepatan paket Internet langganan kamu.

Sedikit Catatan yang Harus Kamu Ingat

Sedikit catatan yang mungkin perlu kamu ingat, bahwa kecepatan dan pemerataan kualitas Internet yang akan kamu selenggarakan ini memiliki biaya yang cukup tinggi. Satu perangkat mesh WiFi bisa memiliki harga ratusan, bahkan jutaan rupiah. Memang kualitas dan stabilitas Internet yang digunakan akan lebih merata, namun biaya yang kamu keluarkan juga cukup tinggi, tergantung seberapa luas area yang ingin kamu cakup.

Penggunaan perangkat ini dinilai praktis dan memudahkan banyak orang. Begitu juga dengan cara pemasangannya, kamu bisa mengecek beberapa cara memasang perangkat mesh WiFi dari brand-brand yang sudah tidak asing lagi di dunia perangkat ini. Cara pasang perangkat ini bahkan tidak perlu pengetahuan khusus, kamu bisa langsung download aplikasi perangkatnya di smartphone kamu dan hubungkan perangkatnya ke modem  dari ISP yang kamu gunakan di rumah. Mudah sekali, bahkan perangkat ini bisa dikoneksikan oleh orang yang tidak pernah memasang perangkat teknologi Internet sekalipun.

Selalu Gunakan Internet Cepat dan Stabil darin ISP Terpercaya

Terakhir adalah untuk selalu ingat, berapapun perangkat mesh WiFi yang kamu pasang, pertama dan utama kamu harus memiliki jaringan Internet aktif yang super cepat dan stabil. Dengan dasar yang kuat seperti ini, mesh WiFi di setiap ruangan bisa memberikan kualitas Internet yang serupa, sehingga bisa menunjang berbagai kegiatan yang kamu lakukan.

Perangkat mesh WIFi sendiri menjadi perangkat yang sangat fleksibel dalam penggunaannya, karena bisa digunakan di banyak lokasi dengan tetap menjaga kualitas jaringan Internet yang kamu miliki. Dengan cara yang tidak terlalu sulit, kamu bisa melakukannya sendiri selama Internet yang kamu pakai benar-benar memiliki kualitas terbaik, sehingga tetap dapat memberikan kecepatan prima walaupun dipancarkan dengan beberapa perangkat.

Salah satu layanan Internet paling berkualitas saat ini adalah Biznet Home, dengan paket menarik yang dimilikinya. Internet cepat dan stabil dari Biznet Home akan jadi partner yang tepat untuk perangkat mesh WiFi yang kamu miliki, apapun tujuan penggunaannya. Kamu bisa segera memilih salah satu paket di antaranya dan hadirkan Internet WiFi super cepat dan stabil dari Biznet Home di rumah kamu. Pasang WiFi sekarang juga!

#PakeBiznet Lebih Cepat!