Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Perhatikan 3 Hal Berikut Ini Supaya Jaringan WiFi Kamu Tidak Lambat

Apr 25, 2023

Siapa yang sering mengalami koneksi internet WiFi yang lambat di rumah? Rasa-rasanya hampir semua orang pernah mengalaminya, setuju gak? Kalau kamu pernah mengalaminya juga, jangan langsung menyalahkan provider-nya ya. Kenapa? Karena bisa saja router WiFi kamu yang bermasalah atau sinyal WiFi kamu tidak terjangkau ke beberapa bagian rumah dan menyebabkan Internet WiFi kamu terasa lambat.

Terus bagaimana cara mengatasi WiFi yang bermasalah dan lambat? Simak beberapa hal yang menyebabkan Internet lambat dan bagaimana tips mengatasinya berikut ini!

Jaringan Bermasalah

Kalau kamu merasa kecepatan WiFi kamu lambat, kamu bisa memeriksa kecepatan Iinternet kamu dengan menyambungkan kabel ethernet pada laptop/PC. Jika itu sudah kamu lakukan, kamu bisa cek kecepatan internet kamu dengan cara seperti di bawah ini:

1. Nyalakan PC/Laptop
2. Pastikan komputer kamu sudah terhubung dengan Internet yang ingin dicek kecepatannya. Kamu bisa menyambungkan komputer ke internet via WiFi atau kabel LAN
3. Buka browser (bisa menggunakan Chrome, Opera, atau Firefox), lalu masuk ke link speedtest.net
4. Klik menu ‘Begin Test Recommended Server’ jika kamu ingin membiarkan situs ini memilihkan server yang sesuai dengan ISP kamu atau ‘Begin Test Your Preferred Server’ jika kamu ingin memilih server sendiri, lalu tunggu sampai tes kecepatan Iinternet ini selesai.

Jika tips di atas sudah kamu lakukan, kamu akan mendapatkan hasil test mulai dari:

Ping: merupakan singkatan dari Packet Internet Gopher yakni tes untuk menganalisa apakah komputer kamu sedang terhubung dengan perangkat lain, semakin kecil angka Ping, maka kualitas Iinternet kamu semakin baik.

Download: ini adalah kecepatan dari ISP kKamu ketika digunakan untuk mengunduh data.

Upload: ini adalah hasil tes yang menunjukkan seberapa cepat ISP yang kamu gunakan untuk mengunggah data.

Kabel LAN Bermasalah atau Terputus

Internet masih lambat? Kamu bisa coba cek kabel LAN yang ada di router WiFi. Mungkin saja kabel LAN bermasalah karena kamu salah menyambungkan kabel atau mungkin kabel LAN kamu terputus. Jika kamu tidak paham cara menyambung kabel LAN, kamu bisa menghubungi pihak provider untuk meminta bantuan.

Salah Meletakkan Router

Jika hasil tes kecepatan internet menggunakan kabel ethernet yang kamu lakukan memberikan hasil yang bagus namun WiFi tetap terasa lambat, bisa saja kamu salah meletakan router WiFi. Kok bisa? Router WiFi sama halnya seperti antena TV di rumah. Jika posisinya tidak bagus, maka sinyal yang didapatkan juga tidak akan bagus. Ada baiknya kamu meletakkan router WiFi di tempat yang cukup tinggi. Kamu bisa menempelkannya di dinding atau meletakkannya di atas lemari. Ingat, jangan meletakkan router di lantai atau di tempat tertutup, karena itu akan sulit bagi router mendapatkan dan memancarkan sinyal, dan itu akan menyebabkan jaringan WiFi kamu lambat.

Router juga tidak boleh kamu letakkan berdekatan dengan barang elektronik lain. Hal ini dikarenakan barang elektronik dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik yang bisa mengacaukan sinyal Iinternet kamu.

Jika kamu ingin jaringan WiFi kamu lebih stabil dan ter-cover ke seluruh area di rumah, mungkin Smart Internet WiFi dari Biznet Home bisa menjadi solusinya. Teknologi ini hadir dengan dukungan perangkat modem TP-Link Deco M4 (3-pack/antenna), yang mampu memancarkan sinyal WiFi ke area yang lebih luas di rumah, sehingga dapat mencakup seluruh area dan setiap sudut rumah, dan memungkinkan pengguna untuk mengakses koneksi Internet WiFi dari seluruh area rumah.

Untuk menghadirkan teknologi Smart Internet WiFi, Biznet didukung oleh TP-Link yang menghadirkan perangkat modem TP-Link Deco M4, yang merupakan satu-satunya perangkat penguat sinyal di Indonesia dengan 3 pack antena yang menawarkan beberapa keunggulan, diantaranya:

  1. Teknologi Mesh WiFi AC1200 Whole-Home Mesh dari TP-Link Deco M4 memiliki kecepatan jaringan WiFi hingga 800 Mbps.
  2. Lebih banyak sudut ruangan di rumah yang akan terjangkau oleh jaringan WiFi.
  3. Dengan teknologi TP-Link Deco M4 yang canggih, seluruh unit akan saling terhubung membentuk jaringan dengan menggunakan satu SSID atau lebih. Memudahkan konektivitas gadget dan komputer untuk berpindah antar ruangan secara otomatis.
  4. Teknologi TP-Link Deco M4 dapat terkoneksi di lebih dari 100 gadget atau komputer.
  5. Dilengkapi Fitur Bandwidth Management, Parental Controls, Antivirus built-in dan Quality of Service (QoS).

Memilih provider Internet terbaik bisa jadi salah satu solusi untuk permasalahan kecepatan Internet kamu. Tidak harus selalu mahal, paket Internet murah juga nyatanya tetap dapat memberikan layanan berkualitas, dengan catatan kamu mengetahui batas pengguna yang bisa terkoneksi ke jaringan tersebut, sehingga setiap pengguna tetap mendapatkan kecepatan Internet yang maksimal. Direkomendasikan memasang jaringan WiFi dari Biznet Home, jaringan Internet WiFi yang didukung dengan teknologi handal ini bisa menjamin Internet WiFi kamu jadi lebih cepat dan stabil, sehingga bisa mendukung segala aktivitas digital kamu di rumah jadi lebih lancar.

#PakeBiznet Lebih Cepat!