Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Ragam Resolusi Layar yang Ada di Pasaran, Mana yang Terbaik?

Apr 27, 2023

Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi saat ini ikut mempengaruhi pesatnya perkembangan, baik pada perangkat keras maupun perangkat lunak, yang ada di seluruh dunia.  Salah satunya dapat dilihat dari kualitas layar yang semakin baik dari waktu ke waktu. Tujuan dari peningkatan kualitas ini cukup  sederhana, yaitu agar waktu untuk menyaksikan konten dan tayangan di TV menjadi semakin seru dan menyenangkan.

Hingga saat ini setidaknya ada beberapa pilihan resolusi layar yang bisa ditemukan di berbagai perangkat. Artikel kali ini akan lebih fokus membahas mengenai layar televisi, mengingat saat ini televisi juga sudah memiliki predikat TV pintar yang mampu terhubung ke jaringan Internet dan melakukan beberapa pengaturan tambahan. Tapi sebenarnya dari sekian banyak resolusi, mana yang terbaik untuk kamu gunakan?

Sedikit sebelum masuk pada beberapa tingkatan resolusi, sebenarnya resolusi adalah ukuran layar untuk jumlah piksel yang ada pada layar tersebut. Semakin banyak jumlah piksel pada layar, maka semakin besar pula resolusinya. Hal ini tidak berarti semakin besar pula layarnya ya, karena ukuran layar dalam inci sifatnya bisa sangat menyesuaikan. Namun untuk ukuran resolusi layar, angkanya sudah pasti.

Resolusi Layar Ukuran 1280 x 720 Piksel

Ukuran pertama adalah layar yang disebut HD. Dengan ukuran resolusi layar 1280 x 720 piksel, biasanya layar ini digunakan pada perangkat televisi dengan kelas menengah. Sudah masuk dalam kategori high definition, tapi tentu masih kurang maksimal jika digunakan untuk menikmati konten kekinian.

Rasio standar yang digunakan adalah 16:9, yang menjadi rasio untuk banyak sekali perangkat televisi. Sebenarnya ada beberapa ukuran rasio lain yang digunakan pada layar TV atau layar monitor komputer, namun ukuran paling ideal untuk dilihat adalah rasio ini. Jika angkanya lebih besar atau lebih kecil, biasanya bentuk layar akan terasa kurang pas.

Resolusi Layar Standar TV dan Monitor Saat Ini

Resolusi layar kedua adalah full high definition atau disingkat dengan FHD. Resolusi yang diberikan pada layar ini lebih besar daripada HD, yakni pada angka 1920 x 1080 pixel, yang akan membuat kamu bisa menyaksikan gambar dengan lebih jernih dan tajam. Resolusi yang satu ini sekarang menjadi benchmark standar perangkat layar, baik televisi maupun layar monitor komputer atau laptop karena dinilai memiliki harga paling ideal.

Resolusi ini juga digunakan pada banyak perangkat smartphone dengan layar 5 sampai 5,5 inch, mungkin pada smartphone yang kini kamu pegang juga menggunakan resolusi yang sama. Meski memang belum menjadi titik maksimal resolusi yang kini tersedia, namun setidaknya pada FHD kamu sudah bisa menikmati konten dengan cukup nyaman.

Quad High Definition, 4x Lebih Besar daripada HD

Teknologi layar yang belakangan ini juga cukup populer adalah QHD, dengan resolusi sebesar 2560 x 1440 piksel. Ya, layar ini resolusinya lebih besar daripada layar FHD, dan memiliki jumlah piksel 4 kali lebih banyak daripada layar HD. Bisa dibayangkan bukan betapa tajam dan jernih gambar yang ditayangkan pada perangkat dengan resolusi ini?

Pada layar televisi atau monitor, teknologi ini dikenal dengan nama 2K resolution. Pada perangkat smartphone, kamu bisa menemukannya pada produk flagship yang biasanya memiliki harga cukup tinggi. Well, dengan teknologi layar beresolusi tinggi, tentu mesin dari smartphone juga akan menyesuaikan.

UHD 4K, untuk TV Premium yang Memanjakan Mata

Lebih tinggi lagi, ada layar yang bisa ditemukan dengan resolusi 4K. Dengan tajuk Ultra High Definition, kamu akan mendapatkan layar dengan ukuran 3840 x 2160 piksel. Ukuran ini sedikit berada di bawah ukuran resolusi layar bioskop, jadi bisa dibayangkan gambar yang ditawarkan akan seperti apa kualitasnya. Bisa dikatakan, kamu sekarang bisa menikmati tayangan dengan kualitas bioskop secara langsung di ruang santai kamu sendiri.

Layar ini disematkan pada perangkat smart TV kekinian, sehingga bisa mendukung kegiatan menonton tayangan yang kamu sukai. Terlebih lagi, belakangan sudah banyak produsen tayangan yang memproduksi kontennya pada resolusi ini, jadi televisi yang kamu miliki dengan resolusi 4K bisa benar-benar memaksimalkan konten yang dibuat.

Masih Kurang? Ada Juga Resolusi 8K

Akan sedikit terdengar berlebihan memang, tapi kini sudah ada teknologi layar dengan resolusi 8K. Ya, kamu tidak salah membaca, 8K, dengan ukuran 7680 x 4320 piksel, kamu akan mendapatkan pengalaman menonton yang benar-benar berbeda. Terasa sangat nyata, jernih, serta tajam, kamu tak lagi akan mengenal tayangan yang ‘buram’ ketika menikmati  series favorit.

Memiliki perangkat televisi dengan resolusi layar terbaik saat ini mungkin akan jadi pilihan tepat agar waktu istirahat dan bersantai lebih maksimal. Untuk ukuran paling optimal sebenarnya mungkin adalah 4K, karena banyak tayangan yang sudah diproduksi pada resolusi tersebut. Bagaimana dengan 8K? Sebenarnya akan memberikan pengalaman yang benar-benar berbeda, namun konten yang tersedia masih sangat terbatas. Nah, untuk menikmati tayangan dalam resolusi 4K di televisimu, pastikan kamu berlangganan paket dari Biznet IPTV. Dengan tayangan pada resolusi 4K tanpa buffering, kamu bisa memaksimalkan waktu menonton yang kamu punya. Segera berlangganan paketnya, dan nikmati setiap konten yang disediakan!

#PakeBiznet Lebih Cepat!