• Cakupan: 139 Kota
  • 1,824 Kelurahan
  • 4,285 Gedung
  • 1,162,454 Homepass
logo-biznet
Sekilas Memahami Pengertian dan Fungsi Bandwidth

Sekilas Memahami Pengertian dan Fungsi Bandwidth

POSTED ON October 12, 2020
0 people find this helpful

Pernahkah kamu mendapat tawaran layanan Internet dengan bandwidth yang besar? Atau justru ketika kamu mencari layanan Internet untuk rumah, kamu berpatok pada ukuran bandwidth yang ditawarkan? Jika kamu memiliki patokan seperti ini, sepertinya kamu sudah memasukkan satu variabel yang sangat tepat untuk memilih layanan penyedia Internet. Bandwidth sendiri bisa jadi acuan yang baik untuk menilai apakah layanan Internet yang akan kamu pilih memiliki kualitas yang baik.

 

Pengertian atau arti dari bandwidth adalah kapasitas yang dimiliki oleh jaringan Internet untuk mentransmisikan data dari server kepada user. Kapasitas ini dihitung secara total, jadi bukan berarti satu user memiliki jatah sebesar yang ditawarkan. Misalnya, ketika ISP menawarkan bandwidth hingga 50 Mbps, bukan berarti kecepatan Internet yang bisa kamu nikmati setiap saat berada pada titik ini.

 

Lalu apakah user akan dirugikan? Idealnya tidak. Setiap ISP telah memilih kapasitas bandwidth masing-masing yang bisa digunakan, dan pasti akan bisa digunakan optimal oleh setiap user. Total bandwidth yang dimiliki tentu tidak disampaikan karena merupakan rahasia perusahaan. Namun pada titik optimal, kamu bisa merasakan kecepatan Internet sesuai dengan yang ditawarkan.

Bandwidth Up To dan Bandwidth Dedicated

 

Penjelasan di atas sebenarnya berlaku pada layanan Internet normal yang dinikmati kebanyakan orang. Jika kamu memperhatikan, setiap paket biasanya akan ditawarkan dengan bandwidth ‘up to’ sekian Mbps. Kata ‘up to’ di sini untuk menggambarkan titik maksimal kecepatan transmisi yang bisa dilakukan pada jaringan dan paket yang kamu bayarkan. 

 

Tapi apakah ada yang benar-benar menawarkan titik stabil dari bandwidth yang bisa digunakan oleh user? Jawabannya adalah ada. Paket ini biasanya dinamai dengan sebutan dedicated. Memang angka yang diberikan tidak sebesar penawaran normal, namun ISP menjamin bahwa transmisi data akan berjalan stabil pada titik tersebut. Tentu, paket seperti ini akan memiliki harga yang lebih tinggi.

Fungsi Bandwidth Secara Umum

 

Karena istilah ini akan banyak kamu temui ketika kamu akan berurusan dengan Internet dan ISP atau bahkan dunia virtual private server, maka tak ada salahnya kamu mengetahui secara umum apa itu fungsi dari bandwidth. Fungsi bandwidth adalah sebagai berikut.

Pengaturan Besaran Data yang Ditransmisikan

Ketika kamu pasang WiFi di rumah, seringkali administrator atau petugas yang datang ke rumah akan melakukan pembatasan bandwidth yang bisa digunakan. Bukan untuk mengurangi kualitas layanan, namun justru untuk menjaga stabilitas layanan secara luas. Dengan batasan yang jelas setiap orang dapat menikmati kecepatan dan stabilitas yang optimal untuk digunakan sehari-hari.

 

Bisa dibayangkan jika hal ini tidak dilakukan, maka akses yang muncul dari user mungkin akan melebihi kapasitas ideal yang diberikan. Akibatnya, jaringan secara umum akan mengalami gangguan dan menjadi kurang stabil. Tentu hal ini akan membuat banyak user terganggu aktivitasnya bukan? Maka dari itu, pembatasan ini perlu dilakukan demi kebaikan bersama. Perbedaan terletak pada titik maksimal yang ‘diperbolehkan’ dalam setiap layanan dan paket yang kamu akan beli.

Acuan Transmisi Data yang Disediakan

Bandwidth adalah besaran kapasitas transmisi yang dilakukan oleh layanan Internet yang digunakan. Dengan begini, fungsi bandwidth selanjutnya adalah sebagai acuan dalam melihat kapasitas umum dari layanan yang diberikan oleh ISP. Idealnya semakin besar bandwidth yang ditawarkan maka semakin cepat pula layanan Internet yang bisa kamu nikmati. Hal ini akan sangat tergantung pada layanan yang disediakan, cakupan layanan, dan beberapa variabel lain yang dapat mengurangi atau menambah kecepatan Internet. Jadi seperti yang diungkapkan di awal tadi, melihat bandwidth bisa jadi satu pertimbangan baik dalam memilih layanan Internet yang akan digunakan.

Distribusi Kecepatan Setiap User

Bandwidth juga berfungsi sebagai pembagi kecepatan Internet yang dinikmati setiap user. Idealnya pada satu perangkat pemancar (misalnya router atau yang lain), secara otomatis akan memiliki setelan kecepatan maksimal setiap perangkat. Tujuannya hampir sama dengan poin pertama tadi, adalah agar setiap perangkat yang terhubung ke jaringan Internet tersebut bisa menikmati kecepatan yang sama. Meski hal ini bisa disiasati dengan cara tertentu, namun tidak direkomendasikan karena akan mengganggu kenyamanan pengguna yang lain. Alih-alih menyiasati dengan cara yang merugikan, kamu bisa memilih ISP dengan bandwidth yang besar dan jaminan kualitas premium pada setiap paket yang ditawarkannya.

 

Besarnya bandwidth adalah salah satu nilai plus dari salah satu provider Internet dengan harga terjangkau di Indonesia, Biznet Home. Default untuk bandwidth yang diberikan pada paket paling ekonomisnya saja mencapai 75 Mbps, tentu ini akan membuat kamu semakin nyaman ber-Internet dengan paket dari Biznet Home. Segera lihat  lebih jauh paket-paket yang ditawarkan, dan bergabunglah dengan jaringan Internet super cepat dari Biznet Home!