Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Tips Cara Melihat History WiFi pada Gadget yang Digunakan oleh Anak-Anak

Apr 20, 2023

Di zaman sekarang ini, kita bisa dengan mudah melihat history WiFi yang digunakan oleh si kecil. Terkadang, ada beberapa orang tua yang sulit untuk memantau aktivitas anaknya saat ber-internet dikarenakan kesibukan akan pekerjaan dan kegiatan lainnya.

Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah cara agar kita tetap dapat memantau aktivitas mereka saat menggunakan Internet, demi mencegah masuknya konten yang tidak baik untuk mereka. Salah satunya adalah dengan mencari dan melihat history WiFi pada gadget anak yang tentunya mudah untuk dilakukan. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk melihat history penggunaan WiFi pada gadget  anak, yaitu:

Melalui Browser

Metode paling mudah yang dapat dilakukan untuk melihat history WiFi adalah dengan melakukan pengecekan history pada browser, yaitu dengan cara berikut ini:. Cara untuk melihat history pada browser adalah sebagai berikut:

  1. Buka browser yang terinstal pada gadget yang digunakan oleh anak
  2. Buka bagian pengaturan lalu pilih history atau tekan ctrl + h (command + h pada Mac) secara bersamaan bila anak menggunakan laptop atau komputer.
  3. Kamu bisa melacak rekam jejak browsing  anak hingga beberapa waktu ke belakang

Satu hal yang perlu dicatat adalah adanya kemungkinan anak dapat menghapus history  pada browser sehingga kamu tidak dapat melacak history browsing mereka. Namun, jika hal ini terjadi, kamu bisa menggunakan cara kedua yaitu melalui router logs.

Melalui Router Logs

Router Logs atau catatan router merupakan rekam jejak penggunaan WiFi pada router. Kamu tidak hanya bisa melihat history browser saja, namun segala aktivitas anak selama menggunakan WiFi seperti untuk menonton, bermain, dan sebagainya dapat terekam dan tersimpan pada router logs. Cara untuk mengakses router logs adalah sebagai berikut:

  1. Buka browser pada gadget apapun (tidak harus menggunakan gadget anak).
  2. Masukkan kode IP router pada kolom alamat website pada browser.
  3. Kamu bisa mencoba salah satu dari kedua nomor IP ini: 192.168.0.1 atau 192.168.1.1.
  4. Masukkan akun pengguna atau kamu bisa mengosongkan bagian password untuk dapat melihat router logs.
  5. Cari bagian history penggunaan WiFi di dalam sistem router tersebut.

Melalui Software

Ada beberapa pilihan software yang dapat kamu cari melalui Google dan dapat kamu gunakan. Tentunya, masing-masing software  mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Beberapa di antaranya ada yang dapat memberikan live update mengenai aktivitas penggunaan Internet anak.

Kamu hanya perlu melihat deskripsi software  dan review dari para pengguna yang telah memakai software  tersebut sebelumnya dan pastikan software yang kamu gunakan aman dari pencurian data pribadi.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap mengawasi penggunaan akses WiFi pada gadget anak.

Berbicara tentang jaringan WiFi, pilihan terbaik yang ada di pasaran di Indonesia saat ini untuk provider Internet terbaik adalah Biznet Home, yang dapat memberikan layanan Internet yang cepat dan stabil serta kualitas optimal pada setiap paket yang ditawarkannya. Mulai dari Rp 375,000/bulan kamu sudah bisa menikmati paket Internet dengan kualitas premium dan terjamin stabilitasnya. Segera akses situs resmi Biznet Home, dan pastikan kamu mendapat layanan terbaik untuk menunjang semua aktivitas digitalmu!

#PakeBiznet Lebih Cepat!