Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Tips Memilih Laptop Gaming yang Sesuai, Ini 5 Poinnya!

Apr 19, 2023

Memilih laptop gaming terbaik tentu memerlukan banyak pertimbangan. Harga yang cukup tinggi serta penggunaan memory yang cukup besar, mengharuskan kamu menjatuhkan pilihan pada laptop yang tepat. Selain dapat menunjang aktivitas bermain game, laptop jenis ini juga mampu membantumu dalam mengerjakan berbagai proses komputasi berat, seperti misalnya editing video.

Nah, seperti membeli barang dengan harga yang cukup tinggi pada umumnya, kamu harus memperhatikan spesifikasi yang ditawarkan oleh laptop incaran. Tentu saja, laptop yang masuk dalam daftar terlebih dahulu sudah harus kamu seleksi dan memenuhi kriteria sesuai dengan yang kamu butuhkan. Jangan membuang waktu dengan melihat laptop yang tidak sesuai dengan kebutuhanmu, atau diluar jangkauan budget yang kamu miliki.

Lalu apa saja yang perlu diperhatikan ketika akan memilih laptop gaming yang cocok? Simak beberapa tipsnya berikut ini!

Perangkat Keras ‘Jeroan’ Laptop

Pertama dan utama, kamu harus mengetahui benar seluk beluk perangkat keras yang digunakan. Mulai dari prosesor, VGA, dan RAM, semua harus memenuhi standar yang kamu perlukan. Jangan sampai kamu membeli laptop hanya karena desainnya menarik, namun tidak didukung dengan dapur pacu yang kuat.

Misalnya pada prosesor, baik prosesor Intel atau AMD, pastikan kamu memilih laptop dengan prosesor generasi terbaru, atau yang kapasitas kerjanya cukup untuk menunjang pekerjaan. Hal ini juga berlaku untuk VGA, yang akan banyak mendukung bagian display dan kemampuan memproses grafis. Untuk RAM, pastikan laptop yang kamu pilih memiliki slot RAM ganda, agar kinerja yang diberikan bisa ditingkatkan dan semakin maksimal.

Harga yang Sesuai

Perang di segmen laptop gaming saat ini tengah berlangsung cukup hangat. Setiap produsen berlomba menghadirkan laptop yang dapat memenuhi permintaan pasar. Tentu saja, dengan harga yang juga bersaing, setiap produsen ingin memberikan laptop gaming yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Sebelum memutuskan untuk membeli satu produk, kamu wajib membandingkan harga dengan produk lainnya. Hal ini cukup tricky, karena pada rentang harga yang tidak jauh berbeda, spesifikasi yang diberikan bisa beragam. Ada yang berfokus pada prosesor generasi terbaru, ada yang berfokus pada media penyimpanan, dan fokus lain yang ditonjolkan guna menarik perhatian calon pembeli. Lihat laptop lain pada range harga yang sama, kemudian ambil keputusan terbaik.

Bagian Media Penyimpanan

Pada era yang serba cepat seperti sekarang ini, laptop dengan menggunakan media penyimpanan SSD lebih direkomendasikan. Memang dari segi ukuran, jenis penyimpanan SSD masih kalah dibandingkan dengan HDD. Namun, dengan memilih laptop yang memiliki media penyimpanan SSD, kamu bisa mendapatkan beberapa keuntungan.

Pertama, kamu tidak beresiko mengalami media penyimpanan yang bad sector dan dapat merusak data yang tersimpan. Kedua, media penyimpanan SSD lebih tahan terhadap goncangan. Ketiga, kecepatan untuk melakukan proses menjadi jauh lebih baik. Tentu yang cukup terasa adalah bahwa berat total laptop gaming yang kamu pilih akan terpaut cukup jauh, karena SSD terbilang sangat ringan jika dibandingkan dengan HDD.

Ukuran Layar dan Kenyamanan Keyboard

Selanjutnya yang perlu kamu pertimbangkan ketika akan membeli laptop gaming adalah ukuran layar dan kenyamanan keyboard. Semakin besar ukuran layar, otomatis dimensi laptop akan semakin besar pula. Ini akan berefek pada kenyaman ketika kamu membawanya dari satu tempat ke tempat lain. Tapi untuk keperluan bermain game, semakin lebar layar maka semakin seru bukan?

Selanjutnya adalah kenyamanan keyboard yang ada pada laptop tersebut. Meski merupakan laptop gaming, tentu tidak akan kamu gunakan selama 24 jam untuk bermain saja. Akan ada waktu ketika kamu harus bekerja atau mengetik. Meski biasanya laptop gaming sudah dilengkapi dengan keyboard yang kokoh, pastikan pula kenyamanannya dengan mencoba secara langsung.

Keberadaan Port Input Output

Terakhir dan tidak kalah penting adalah keberadaan port masukan dan keluaran yang ada pada laptop tersebut. Memang hal ini bisa diatasi dengan menambahkan perangkat lain, namun usahakan laptop yang kamu pilih sudah memiliki port lengkap (setidaknya slot USB 3.0, USB Type C, HDMI, thunderbolt, dan Kensington Lock).

Keberadaan port ini akan sangat membantu ketika kamu perlu menghubungkan perangkat lain dengan perangkat laptop gaming yang kamu miliki. Semakin lengkap port yang tersedia, maka aksesibilitas yang kamu miliki juga akan semakin baik.

Memilih laptop gaming memang bukan hal mudah yang bisa dilakukan tanpa pengamatan jeli. Berbagai pertimbangan harus dilakukan, agar kamu mendapatkan pengalaman terbaik baik ketika menggunakan laptop untuk bermain game maupun untuk menunjang aktivitas pekerjaan yang kamu miliki. Tentu saja, untuk kedua aktivitas ini, kamu juga memerlukan layanan Internet dengan kualitas terbaik. Biznet Home, sangat direkomendasikan untuk kebutuhan ini. Jaringan yang stabil serta kecepatan tinggi yang diberikan dijamin akan membuat setiap aktivitasmu berjalan lancar. Kunjungi situs resminya sekarang, dan dapatkan penawaran promo yang menarik untuk Pasang WiFi di rumah kamu!

#PakeBiznet Lebih Cepat!