• Cakupan: 102 Kota
  • 1,378 Kelurahan
  • 2,615 Gedung
  • 598,504 Homepass
DAFTAR
logo-biznet
Tahukah Kamu Bagaimana Cara Ganti Password WiFi?

Tahukah Kamu Bagaimana Cara Ganti Password WiFi?

POSTED ON July 30, 2020
0 people find this helpful

Tahukah Kamu Bagaimana Cara Ganti Password WiFi?

 

Internet saat ini menjadi kebutuhan pokok banyak orang di dunia. Tren penggunaan WiFi semakin hari semakin meningkat, terlebih untuk penggunaan di rumah atau fasilitas publik. Namun, akan terasa menyebalkan jika jaringan WiFi yang digunakan menjadi lambat ketika banyak orang yang seharusnya tidak menggunakan jaringan tersebut. Di sini, kamu akan menemukan cara mengganti password WiFi agar akses WiFi kamu bisa dibatasi dengan lebih baik.

 

Pemasangan jaringan Internet untuk rumah atau tempat usaha memang sudah menjadi hal yang wajar. Tapi, terkadang masih ada saja ‘penyelundup’ yang menggunakan jaringan Internet yang kita miliki tanpa izin. Meski sudah menggunakan password khusus, kamu tetap harus mengganti password secara berkala untuk faktor keamanan. Tapi, bagaimana caranya? Untuk kamu pelanggan setia layanan Biznet, ini dia caranya.

Cara Ganti Password WiFi

1. Nyalakan perangkat yang kamu miliki, baik laptop, smartphone, atau komputer.

  1. Sambungkan ke jaringan WiFi yang kamu miliki, atau bisa juga dengan menggunakan bantuan kabel LAN.
  2. Buka browser yang kamu gunakan, lalu ketik 192.168.1.1 atau 192.168.100.1 pada kolom URL yang tersedia, lalu tekan ‘Enter’.
  3. Kamu akan melihat halaman login resmi dari router Biznet.
  4. Isi username dengan nama pengguna yang kamu miliki, dan isi password dengan password lama yang ingin diganti (bisa juga dengan menggunakan username/password: telecomadmin/telecomadmin).
  5. Tekan ‘Enter’, lalu kamu akan melihat halaman penggantian password.
  6. Masuk ke menu WLAN, lalu masuk ke ‘Basic’.
  7. Ganti SSID dengan nama WiFi baru yang kamu inginkan, dan ganti WPA Key dengan password baru yang kamu inginkan. Jangan ubah kolom yang lain. Untuk kolom SSID hanya bisa diisi menggunakan nomor serta huruf kapital dan huruf kecil tanpa spasi. Untuk WPA Key, diisi dengan menggunakan nomor atau huruf kapital atau kecil dan tanpa spasi.
  8. Tekan ‘Save’ dan proses sudah selesai. Klik menu ‘Logout’, lalu ‘OK’, lalu ‘Yes’.
  9. Kamu telah memiliki password baru untuk jaringan WiFi kamu.

 

Keamanan dan Kecepatan Akses

 

Semakin banyak orang yang menggunakan suatu akses atau jaringan WiFi, maka kecepatannya secara otomatis juga akan terbagi secara merata dan bisa membuat koneksi terasa lebih lambat. Selain itu, semakin banyak pengguna dalam satu jaringan WiFi, maka keamanan password juga akan semakin kurang terjamin.


Karena itu, mengganti password secara rutin juga menjadi sangat penting untuk memantau jumlah akses yang diberikan ke orang lain. Dan cara mengganti password WiFi di atas sangat direkomendasikan tidak hanya untuk pengguna WiFi di rumah, tetapi juga untuk kamu yang memiliki tempat usaha berkapasitas terbatas seperti cafe dan lain sebagainya karena WiFi tersebut berpotensi melebihi batas ideal jumlah pengguna WiFi yang ada.

 

Penyedia Layanan Internet yang Handal

 

Mengingat Internet telah menjadi kebutuhan utama setiap orang, pasti kamu akan memilih layanan Internet yang berkualitas mulai dari kestabilan jaringan, kecepatan akses, hingga pelayanan konsumen yang diberikan. Karena dengan kualitas layanan Internet terbaik, kamu dapat meningkatkan produktivitas semaksimal mungkin dan bisa dukung segala aktivitas digital kamu.

 

Sebelum memasang WiFi di rumah atau tempat usaha kamu, pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu ya. Selain itu, penting juga untuk kamu memahami cara mengganti password WiFi seperti di atas untuk menjamin keamanan koneksi WiFi yang kamu miliki, serta memastikan kecepatan dan kestabilan jaringan Internet.


Jangan lupa untuk selalu #PakeBiznet untuk memaksimalkan setiap pekerjaan atau aktivitas kamu dengan Internet yang berkualitas.