• Coverage: 139 Cities
  • 1,742 Subdistrict
  • 4,048 Buildings
  • 1,086,013 Homepass
logo-biznet
5 Tips Mengelola Tontonan pada TV Berbayar untuk Anak-Anak

5 Tips Mengelola Tontonan pada TV Berbayar untuk Anak-Anak

POSTED ON November 12, 2020
0 people find this helpful

Mengelola tontonan untuk anak menjadi salah satu cara agar mereka mendapatkan nilai positif dari tayangan televisi. Hal ini sangat terakomodir berkat kehadiran layanan TV berbayar, yang memungkinkan kamu melakukan pengaturan tertentu agar anak tidak menyaksikan tayangan yang kurang pantas. Tentu saja, pengaturan dan pengelolaan tontonan ini harus dilakukan dengan cermat, agar anak mendapat tontonan terbaik dan kamu tidak mengalami pengeluaran yang berlebihan.

 

Dengan berlangganan televisi berbayar, kamu sebagai orang tua akan memiliki kendali pada tayangan yang disaksikan anak-anak. Hal ini bisa dilakukan dengan pembatasan akses kanal, hingga pemilihan kanal yang memang khusus diperuntukkan untuk anak-anak. Tentu saja ada tips dan trik yang bisa kamu gunakan untuk hal ini.

Pembelian Paket yang Cermat dan Terukur

 

Ketika akan berlangganan layanan TV berbayar, terlebih dahulu kamu akan memilih paket channel yang bisa diakses. Nah, pada tahap ini, sebisa mungkin pastikan paket tersebut sudah memasukkan kanal televisi acara khusus anak-anak sehingga mereka juga memiliki konten yang sesuai dengan usianya. 

 

Hal ini bisa ditanyakan secara langsung pada penyedia layanan, sehingga memungkinkan kamu melihat dahulu dengan jelas kanal apa saja yang didapatkan dari paket tersebut. Pastikan untuk memilih paket yang sesuai untuk setiap anggota keluarga, karena nantinya tayangan televisi juga akan dinikmati setiap orang pada porsinya masing-masing.

Dapatkan Fitur Parental Lock


Nah, salah satu kelebihan TV berbayar adalah fitur parental lock yang biasanya disediakan oleh penyedia layanan. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengunci kanal atau program televisi yang mungkin tidak sesuai jika disaksikan anak-anak. Misalnya saja tayangan berita, tayangan film-film dengan rating dewasa, dan sebagainya.

 

Fitur ini sebenarnya sudah masuk dalam aturan yang disusun oleh KPI dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran. Kamu bisa menanyakannya langsung pada penyedia layanan tentang keberadaan fitur ini. Tentu saja jika ada, kamu bisa menggunakannya dengan maksimal untuk memilih dan memilah tayangan yang tepat untuk anak-anak.

Selalu Mendampingi Anak 

 

Pendampingan yang intensif perlu kamu lakukan agar anak tidak salah kaprah pada apa yang ditontonnya. Sering kali anak memiliki pertanyaan pada apa yang baru dilihatnya, di sini peran yang dimiliki orang tua menjadi sangat penting. Selain untuk memberi tahu apa sebenarnya maksud dari konten tersebut, kamu juga bisa mengarahkan anak-anak agar memiliki pemahaman yang tepat.

 

Dengan banyaknya kanal yang tersedia dan pilihan konten yang sangat beragam, keberadaanmu secara fisik sangat diperlukan oleh anak-anak dalam menyerap pesan yang disampaikan. Tak sedikit anak yang kemudian terpapar pengaruh buruk karena kurang pendampingan dan salah paham pada pesan yang disampaikan. Maka dari itu, sebisa mungkin dampingi waktu menonton TV anak-anak.

‘Beli’ Saluran atau Kanal yang Tepat


Di luar dari paket yang sudah ditawarkan oleh penyedia layanan TV berbayar, jika harus dilakukan, kamu bisa membeli kanal yang diperlukan dan relevan untuk anak-anak. Harga yang ekonomis biasanya akan jadi godaan besar untuk membeli banyak kanal lain di luar paket. Padahal sebenarnya kanal-kanal tersebut tidak akan banyak ditonton.

 

Kamu bisa melakukan pembelian dengan lebih selektif sehingga pengeluaran yang kamu lakukan lebih terukur. Bersamaan dengan hal itu, penambahan kanal juga harus mempertimbangkan kebutuhan anak-anak yang ada di rumah. Jika memang tidak diperlukan, mungkin kamu tidak perlu memperbanyak kanal TV, sebab hanya akan menjadi pos pengeluaran baru yang tidak efektif.

Penonton yang Bijak dengan TV Berbayar

 

Keleluasaan yang kamu dapatkan ketika berlangganan TV berbayar tentu mendatangkan konsekuensi. Tuntutan menjadi penonton bijak senantiasa harus dipenuhi, agar setiap tontonan yang kamu nikmati membawa nilai dan pesan yang positif. Meski hanya digunakan untuk menghabiskan waktu luang, tontonan yang muncul di layar TV akan sedikit banyak berpengaruh pada tumbuh kembang dan perspektif anak-anak.

 

Carilah referensi kanal dan acara yang cocok untuk anak-anak. Bila kamu perlu waktu untuk menonton tayangan yang sekiranya tidak tepat disaksikan bersama anak-anak, kamu bisa memanfaatkan fitur catch up atau recording yang disediakan. Fitur ini merupakan fitur standar pada layanan TV berbayar berkualitas, agar setiap orang bisa melihat tayangan favoritnya kapanpun diinginkan.

 

Dalam berlangganan TV berbayar seperti layanan IPTV harus dilakukan dengan pertimbangan matang. Jika kamu sedang mencari layanan IPTV yang dapat memenuhi kebutuhan setiap anggota keluarga, kamu bisa menggunakan layanan dari Biznet IPTV. Pilihan kanal yang sangat banyak lengkap dengan cara unggulan dijamin akan memenuhi kebutuhan tontonan setiap anggota keluarga. Kamu juga bisa merekam dan menonton tayangan favorit, untuk di tonton nanti ketika anak-anak sudah terlelap. Segera bergabung dengan jaringan IPTV terbaik di Indonesia, Biznet IPTV!