Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

5 Tips Sederhana Merawat TV LED, Mudah dan Tidak Ribet

Apr 14, 2023

Memiliki TV LED di rumah mungkin sudah jadi hal biasa untuk kebanyakan orang sekarang ini. Selain karena teknologi yang dimiliki cukup canggih, TV jenis ini juga dinilai mampu memberikan gambar yang lebih jernih ketika digunakan. Meski demikian, ternyata masih banyak kerusakan yang terjadi karena salah maintenance. Kesalahan mendasar yang tidak disadari biasanya jadi penyebab utamanya.

Dengan harga yang cukup tinggi, maka perawatan yang tepat juga harus dilakukan. Mungkin jika kamu pernah memiliki TV tabung, perawatan yang dilakukan terkesan sekedarnya saja. Asalkan setiap hari dibersihkan, maka TV tabung yang kamu punya akan stabil. Namun berbeda dengan TV LED ini, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dengan seksama agar perangkat yang kamu punya lebih awet.

Nah, ini dia beberapa tips sederhana dan mendasar yang bisa kamu gunakan untuk merawat TV kesayanganmu.

Letakkan dengan Benar, Pastikan Datar

Pertama dan utama, letakkan TV LED yang kamu punya di bidang datar. Misalnya rak TV, atau meja, atau benda dengan permukaan datar lainnya. Selain menjaga agar TV tetap stabil, hal ini juga berguna untuk mengurangi risiko TV terjatuh ketika tidak sengaja tersentuh. 

Jika kamu memiliki keinginan untuk menempelkan TV di dinding, maka pastikan juga kamu membeli bracket yang tepat sesuai dengan tipe TV yang kamu punya. Di pasaran ada beberapa jenis dan ukuran bracket dinding, dan biasanya memiliki kode tersendiri. Di kemasan TV yang kamu beli kamu juga bisa menemukan bracket tipe apa yang pas digunakan untuk pemasangan di dinding. 

Sedikit ketelitian dan kecermatan bisa memperpanjang usia perangkat yang kamu punya lho, jadi jangan buru-buru dalam meletakkan atau membeli bracket ya!

Jauhkah dari Benda Bermagnet dan Gelombang Elektromagnetik

Kedua, adalah untuk menjauhkan perangkat TV LED dari perangkat yang memiliki magnet atau memancarkan gelombang elektromagnetik. Misalnya saja, lemari pendingin atau benda sejenis. Hal ini karena magnet yang terdapat pada lemari pendingin bisa berpengaruh buruk pada kinerja TV yang kamu gunakan.

Selain itu, pastikan juga kamu tidak meletakkan smartphone di dekat TV tersebut. Smartphone memancarkan gelombang elektromagnetik yang cukup besar, dan bisa merusak kualitas gambar yang ditampilkan pada layar TV-mu. Jadi setidaknya pastikan dua benda ini tidak berada di dekat TV yang kamu gunakan agar lebih awet dan tahan lama.

Kualitas Layar VS Sinar Matahari

Well, mungkin sudah menjadi pengetahuan umum bahwa layar TV LED ‘bermusuhan’ dengan sinar matahari secara langsung. Maka banyak sekali orang yang meletakkan TV mereka di posisi yang berlawanan dengan sinar matahari, atau bahkan diletakkan tersembunyi dari jalur sinar matahari yang masuk ke dalam rumah.

Pada banyak kejadian, layar TV LED yang digunakan lebih cepat menurun kualitasnya ketika terpapar langsung oleh sinar matahari. Layar lambat laun akan menjadi kusam dan terpengaruh langsung oleh radiasi yang dimiliki sinar matahari. Dalam waktu singkat, kualitas gambar yang ditampilkan akan mengalami penurunan signifikan, dan tentu saja menjadi tidak nyaman untuk ditonton.

Kontrol Daya Listrik yang Masuk ke TV LED

Hal sepele yang mungkin jarang diperhatikan pada perangkat elektronik sekarang adalah stabilitas listrik yang masuk pada perangkat tersebut. Tidak sedikit lho perangkat elektronik modern yang sebenarnya membutuhkan stabilizer atau semacam UPS, untuk menjaga daya yang masuk pada perangkat tersebut. Pada perangkat yang amat sensitif, mati listrik secara mendadak bisa benar-benar menimbulkan kerusakan yang berat.

Penggunaan stabilizer atau UPS sangat direkomendasikan untuk menjaga daya yang masuk ke dalam TV LED. Sewaktu-waktu listrik tiba-tiba terputus, setidaknya daya tetap bisa distabilkan menggunakan perangkat ini dan perangkat bisa dimatikan terlebih dahulu. Memang mungkin tidak terlalu penting dan esensial, namun agar lebih awet, tidak ada salahnya kan?

Menjaga Kebersihan

Hal terakhir dan tidak kalah penting adalah selalu menjaga kebersihan TV LED yang kamu miliki dengan membersihkannya secara rutin. Cukup dengan menggunakan kemoceng atau kain lembut untuk mengusap permukaan TV tersebut, sudah cukup bisa memperpanjang usia dari perangkat itu.

Jika memungkinkan, lakukan juga servis rutin atau sekedar mengontrol kesehatan perangkat pada teknisi yang kamu percaya. Dengan demikian kondisi TV bisa terus dimonitor, dan jika terjadi kerusakan bisa segera diperbaiki tanpa harus menunggu TV mati total.

Cara merawat TV LED di atas semoga bisa berguna dan memperpanjang usia TV yang kamu miliki. Agar agenda menonton lebih seru, kamu juga perlu layanan IPTV yang berkualitas dan dilengkapi dengan banyak kanal. Untuk urusan yang satu ini, kamu bisa mempercayakannya pada Biznet IPTV. Layanan dengan harga yang terjangkau ini memberikan pilihan kanal dan acara yang sangat banyak, sehingga bisa memenuhi kebutuhan menonton kamu. Selain itu, tayangan resolusi 4K yang dimiliki Biznet IPTV juga akan benar-benar tampak sempurna dipadukan dengan TV LED yang kamu punya. Segera berlangganan layanan IPTV terbaik, dan nikmati setiap fiturnya!

#PakeBiznet Lebih Cepat!