Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Manfaat Kartun Anak, Tidak Hanya untuk Hiburan Lho!

Apr 25, 2023

Menghabiskan waktu bersama anak di setiap fase tumbuh kembangnya adalah hal yang penting untuk dilakukan. Kehadiran kamu sebagai orang tua akan menjadi stimulus yang sangat baik untuk tumbuh kembang anak yang optimal. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menemani anak menonton program kartun. Jangan salah, meskipun sifatnya hiburan, kartun anak juga memiliki banyak manfaat.

Tapi apakah semua jenis kartun bisa disebut sebagai program kartun anak dan memberikan manfaat untuk tumbuh kembangnya? Well, untuk pertanyaan tersebut, jawabannya adalah tidak. Beberapa kartun diproduksi untuk konsumsi orang yang lebih dewasa. Biasanya kartun anak akan memiliki segmen tersendiri di siaran televisi atau bahkan kanal tersendiri. Seperti misalnya jika kamu berlangganan layanan TV kabel atau IPTV, di sana kamu akan menemukan banyak sekali kanal yang memberikan acara khusus anak-anak sepanjang hari.

Nah, sebelum kita membahas kanal dan acara TV-nya, mari lihat terlebih dahulu manfaat kartun anak yang bisa didapatkan.

Kartun Edukatif Menjadi Sarana Belajar di Usia Dini

Ketika kamu memilih dan memberikan tontonan kartun edukatif yang sesuai dengan usia anak-anak, maka kamu sudah mendapatkan dua hal penting dan bermanfaat loh. Yang pertama, cara ini bisa menjadi cara yang menyenangkan dalam memberikan edukasi ke si kecil. Kedua, kamu juga bisa menjadikan cara ini sebagai waktu berkualitas untuk belajar bersama anak.

Banyak nilai positif lainnya, terlebih pada kartun yang bersifat edukatif yang bisa memberikan pelajaran berharga. Misalnya saja pengenalan angka, huruf, cara berhitung sederhana, atau sekedar pengenalan sapaan pada orang lain. Mungkin untuk orang dewasa hal ini merupakan suatu hal yang biasa saja, namun untuk anak-anak dampaknya benar-benar signifikan dan sangat bermanfaat.

Membantu Perkembangan Kognitif

Ketika menonton kartun anak, tayangan yang dinikmati akan secara langsung dilihat oleh anak-anak. Visual yang menarik, pergerakan tokoh yang luwes, dan lain sebagainya. Kemampuan kognitif anak akan banyak dirangsang sehingga ia menjadi lebih cepat memiliki penguasaan kognitif atas dirinya.

Tentu saja sekali lagi hal ini bisa terjadi jika kamu memilih kartun yang tepat. Seleksi pada konten yang disaksikan anak-anak itu penting demi memberikan tontonan yang berkualitas untuk mereka. 

Meningkatkan Kreativitas

Terakhir, mungkin yang menjadi manfaat paling signifikan, yaitu menonton kartun dapat meningkatkan atau mengembangkan kreativitas anak. Tokoh dan kejadian fiktif yang ditampilkan dalam kartun akan membuat si kecil banyak bertanya dan berimajinasi. Berandai-andai, pada anak-anak, bisa berdampak langsung pada kemampuan imajinasi dan kreativitasnya.

Semakin kreatif anak-anak maka ia cenderung akan memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik. Imajinasinya akan berkembang ketika menemui satu masalah tertentu untuk kemudian diselesaikan. Terkadang anak memiliki cara unik yang tidak masuk akal, namun tetap berhasil menyelesaikan masalah, inilah manfaat baik dari menonton kartun anak.

Lalu Apa Saja Kartun Anak dan Kanal yang Menayangkannya?

Banyak sekali acara dan kartun anak yang bisa jadi konten utama ketika kamu menghabiskan waktu bersamanya. Mulai dari yang benar-benar berbentuk kartun animasi, atau tayangan live action yang diperankan oleh tokoh-tokoh boneka dan sejenisnya.

Pernahkah kamu mendengar Sesame Street? Acara yang satu ini masuk dalam rekomendasi tontonan yang bisa disaksikan bersama anak-anak. Tak hanya ceritanya yang lucu dan menghibur, namun banyak sekali kosakata baru yang didengar anak melalui percakapan antar tokohnya.

Lalu ada juga tayangan seperti Powerpuff Girls, yang mengisahkan tiga anak perempuan dengan kekuatan super. Di kartun ini kamu akan mendapatkan banyak sekali pelajaran berharga untuk anak-anak yang disisipkan di dalamnya. Rasa tanggung jawab, tenggang rasa, menolong sesama dan lain-lain.

Begitu banyak tontonan yang bisa kamu saksikan untuk mengisi waktu bersama anak-anak, dan kamu bisa mendapatkannya dengan mudah jika berlangganan layanan televisi kabel atau IPTV. Kamu akan mendapati banyak sekali stasiun televisi internasional yang kontennya benar-benar fokus pada konten khusus anak-anak.

Kartun Anak pada Layanan IPTV Berkualitas

Akses pada kanal-kanal televisi internasional bisa didapatkan dengan mudah ketika kamu berlangganan paket IPTV dari penyedia layanan yang benar-benar berkualitas. Tayangan dengan resolusi 4K, tanpa buffering, serta pilihan yang benar-benar beragam, bisa kamu dapatkan dengan mudah.

Tentu saja layanan yang direkomendasikan merupakan layanan premium, demi memberikan kepuasan dan manfaat yang maksimal. Kartun anak yang kamu nikmati pada layanan IPTV premium juga merupakan tayangan resmi, sehingga ceritanya dan episodenya cukup lengkap untuk kamu tonton. Hal ini berguna untuk membuat anak tidak cepat bosan dengan tayangan atau episode yang itu-itu saja.

Lalu apa layanan IPTV yang memberikan pilihan kanal khusus anak-anak paling banyak? Tentu jawabannya adalah Biznet IPTV. Dengan berlangganan layanan Biznet IPTV, kamu bisa menikmati tayangan dengan resolusi terbaik di ruang keluarga setiap saat. Pilihan kanal yang beragam (seperti Cartoon Network dan Disney Channel misalnya) bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma dalam paket berlangganannya. Bergabunglah bersama layanan IPTV Indonesia terbaik dari Biznet IPTV, dan dapatkan akses pada berbagai konten unggulan dari seluruh dunia!

#PakeBiznet Lebih Cepat!