• Coverage: 102 Cities
  • 1,408 Subdistrict
  • 2,695 Buildings
  • 615,058 Homepass
Register
logo-biznet
Masalah Internet Lemot, Masalah Sejuta Umat di Indonesia

Masalah Internet Lemot, Masalah Sejuta Umat di Indonesia

POSTED ON August 03, 2020
1 people find this helpful

Masalah Internet Lemot, Masalah Sejuta Umat di Indonesia

 

Jujur, di antara sekian banyak orang yang membaca artikel ini, tentu semua memiliki keresahan yang sama dengan Internet lemot, benar ‘kan? Pada era seperti sekarang ini, terhubung dengan jaringan Internet seperti sudah menjadi kebutuhan pokok dan Internet lemot seakan tak lagi bisa ditolerir.

Tentu saja, kemudian orang akan memiliki ekspektasi tinggi ketika sudah membeli paket Internet dengan harga yang cukup mahal. Tidak jarang juga kamu merasa ‘dikecewakan’ ketika jaringan Internet lambat dan mengganggu berbagai aktivitas. Tapi tahukah kamu, bahwa Internet lemot tidak selalu disebabkan oleh layanan yang kamu gunakan?


Internet lemot memang terkadang terjadi akibat gangguan teknis dari penyedia layanan Internet. Namun, lambatnya jaringan Internet yang digunakan juga dapat diakibatkan oleh hal-hal lainnya. Nah, untuk dapat meminimalisir hal ini, coba simak penjelasan berikut.

Masalah pada Sistem Operasi 

Mematikan lalu menyalakan kembali smartphone atau melakukan restart biasanya disarankan untuk mengatasi masalah Internet yang mendadak lemot. Cara ini memang terbukti cukup efektif untuk masalah Internet lemot yang disebabkan oleh sistem operasi yang tidak berjalan lancar. Biasanya, hal ini terjadi pada smartphone yang sudah cukup berumur, sehingga perangkat keras serta perangkat lunaknya tak lagi dapat mengikuti perkembangan teknologi terkini.

Tethering yang Digunakan Banyak Orang

 

Menjadi orang baik dengan membagikan koneksi Internet ke teman-teman dengan cara tethering memang tidak dilarang. Namun demikian, ketika Internet kamu menjadi lambat, mungkin hal ini bisa jadi salah satu penyebabnya. Untuk mengatasi hal ini tentu kamu bisa mematikan jaringan tether yang digunakan. Atau jika tetap perlu berbagi, kamu bisa membatasi jumlah perangkat yang terhubung pada koneksi yang kamu miliki.

Internet Lemot karena Paket Data Menipis

Well, kejadian Internet lemot juga sering terjadi ketika paket data kamu mulai menipis. Beberapa operator memberlakukan pengurangan kecepatan dengan tujuan agar paket data yang kamu miliki tidak lekas habis. Namun demikian, hal ini memang cukup mengganggu. Terlebih ketika kamu memerlukan jaringan Internet yang cepat dan sebenarnya tidak keberatan membeli paket data lagi. Tapi, pastikan kamu memilih paket data yang tepat, serta kuota yang selalu di atas batas pemberlakuan pembatasan kecepatan.

Aplikasi Background Terlalu Banyak

 

Sumber: www.freepik.com

Berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya tanpa menutup aplikasi yang digunakan bisa menjadi salah satu penyebab Internet lemot yang selanjutnya. Aplikasi yang tidak ditutup akan terus menggunakan jaringan Internet yang kamu miliki, sehingga kapasitas jaringan menjadi terbagi ke dalam beberapa aplikasi. Karena itu, ada baiknya kamu menutup aplikasi yang tidak digunakan untuk kelancaran akses. Atau jika kamu tetap ingin membukanya, pastikan kamu terhubung dengan jaringan WiFi yang kuat.

Tempat Tertutup dengan Dinding Tebal

Internet yang lambat juga sering dialami ketika kamu berada di ruangan yang memiliki dinding tebal, atau di ruangan seperti basement gedung. Ruangan dengan tembok tebal menyebabkan jaringan Internet sulit tembus sehingga akan memperlambat jaringan Internet yang kamu gunakan. Jika kamu memiliki basement atau tempat usaha dengan tembok tebal, pastikan untuk memasang WiFi dengan kapasitas cukup besar dan tempatkan pemancarnya di banyak sudut.

Arus Jaringan ‘Padat Merayap’

 

Seperti arus lalu lintas di jalan raya, ada kalanya Internet lemot juga disebabkan karena padatnya akses yang digunakan oleh pengguna lain. Contoh sederhana saja, tentu kamu pernah mengalami pengiriman pesan instan yang pending ketika momen Lebaran atau tahun baru bukan? Hal ini karena sekian banyak pengguna mengakses Internet pada waktu yang hampir bersamaan, sehingga jaringan yang disediakan oleh provider menjadi padat.

Sim Card yang Outdated

Ketika terjadi peralihan jaringan utama dari 3G ke 4G, banyak pengguna smartphone yang mengeluhkan lambatnya jaringan Internet. Hal ini disebabkan karena kartu SIM yang digunakan belum bisa menyesuaikan jaringan yang disediakan. Mudah saja, untuk menyelesaikan masalah ini kamu bisa menghubungi customer service operator kamu dan meminta penggantian kartu SIM yang baru.

 

Masalah Internet lemot bisa dikatakan sebagai masalah yang tidak disukai oleh sejuta umat, mengingat kita menggantungkan hidup pada jaringan Internet. Membeli paket data yang lebih mahal bisa jadi salah satu pilihan, namun memasang WiFi dengan kualitas terbaik juga bisa jadi solusi cukup mudah untuk mengatasi permasalahan ini.

Di zaman sekarang, memang masalah Internet lemot seharusnya sudah tidak terjadi mengingat pemerataan layanan jaringan Internet yang terus berkembang. Teknologi yang semakin canggih serta layanan yang terus ditingkatkan, seharusnya benar-benar dapat memberikan kualitas jaringan terbaik untuk setiap pengguna. Pastikan kamu mempercayakan jaringan Internet pada penyedia jasa yang sudah terbukti kualitasnya, dan jangan lupa untuk selalu memeriksa detail paket layanan yang akan kamu gunakan agar benar-benar memahami syarat dan ketentuan yang berlaku.