Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Memilih Hosting Terbaik Untuk Bisnis, Apa Kriterianya?

Apr 20, 2023

Dalam memulai bisnis dan karir kamu di dunia digital, kamu memerlukan tempat terbaik untuk berkembang. Dalam konteks onlinehosting tentunya menjadi satu hal sangat penting untuk mengembangan bisnis. Idealnya, semua orang akan menginginkan hosting terbaik untuk mendukung bisnisnya. Tapi apakah semua orang paham benar yang mereka inginkan? Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sudah tahu apa saja kriteria hosting yang harus dipenuhi agar bisa dikatakan sebagai yang ‘terbaik’?

Secara mendasar, hosting merupakan situs yang akan menjadi rujukan dari domain yang kamu miliki. Jadi ketika orang mengklik nama domain milik kamu, mereka akan dituntun ke website yang kamu miliki. Tentu agar dapat menampung dan melayani kunjungan dalam jumlah besar maka layanan hosting yang kamu gunakan harus memadai dan sesuai. Jadi ketika kamu ingin untuk memulai bisnis, hosting terbaik adalah hosting yang memiliki kapasitas dan layanan khusus untuk bisnis.

Memang tidak salah jika kamu memulai dengan hosting yang lebih kecil, dengan asumsi biaya produksi yang dapat ditekan. Namun dari segi kualitas layanan serta pengelolaan, apa yang kamu harapkan dari hosting yang kapasitasnya hanya mencakup pengguna harian dan bukan bisnis?

Nah, agar tidak salah memilih hosting, kamu bisa lihat beberapa kriteria hosting terbaik di bawah ini. Semoga setiap poinnya bisa memberikan kamu gambaran yang jelas ya, agar bisnis yang kamu mulai bisa berjalan lancar dan sukses.

Pastikan Hosting yang Kamu Pilih Sesuai Tujuan

Pertama dan utama, kamu harus paham benar apa yang kamu butuhkan dalam memilih hosting. Terdapat berbagai macam hosting yang ditawarkan oleh berbagai penyedia layanan, mulai dari yang murah dan bisa mengakomodir kebutuhan pribadi, hingga yang lebih pricey namun memiliki kapasitas yang juga lebih besar untuk tujuan bisnis.

Untuk tujuan bisnis, kamu dianjurkan memilih hosting yang menyediakan kapasitas lebih  besar. Tujuannya sederhana, agar hosting yang kamu punya tidak mengalami overload yang bisa menurunkan performa dari bisnis yang kamu jalankan. Kamu juga merasa tak nyaman bukan jika mengakses website yang lambat atau sering mengalami error?

Kapasitas Perangkat yang Ditawarkan

Hosting biasanya dijual dalam paket-paket penjualan spesifik, yang menawarkan banyak varian. Beberapa yang selalu dikedepankan biasanya adalah kapasitas CPI, besaran RAM, ruang SSD atau penyimpanan, dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut jangan sampai kamu sepelekan, karena akan berpengaruh langsung dengan website yang kamu miliki. Logikanya semakin besar kapasitas yang dimiliki maka semakin baik juga performa yang ditunjukkan.

Meski demikian, kamu juga sebaiknya tidak membeli paket yang berlebihan jika biaya produksi dan perawatan masih jadi pertimbangan utama. Perhitungkan dengan tepat kebutuhan website yang kamu inginkan, dan gunakan paket yang paling sesuai. Pada akhirnya hosting terbaik bukan saja mengenai kapasitas yang besar, namun yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Hosting Terbaik dengan Keamanan Terjamin

Karena akan banyak data yang kamu simpan pada website yang kamu punya, tentu faktor keamanan tidak boleh dikesampingkan. Terlebih jika website tersebut juga menyimpan data-data milik pengunjung atau klien, maka sisi yang satu ini benar-benar harus diperhatikan dengan baik. Pastikan hosting yang kamu gunakan memiliki sistem keamanan yang terjamin.

Idealnya, hosting untuk bisnis selalu menawarkan support keamanan yang baik. Sebut saja seperti keamanan yang didukung dengan CloudFlare, atau Railgun, atau BitNinja, atau sistem dan aplikasi keamanan lainnya. Maka sebelum memutuskan akan membeli paket hosting, kulik terlebih dahulu sistem keamanan yang ditawarkan dan pastikan kamu memahami sistem keamanan seperti apa yang kamu butuhkan.

Last but not Least, Harga dan Kejelasan Paket

Terakhir, yang mungkin terdengar sangat klasik, yakni mengenai harga. Ketika baru memulai bisnis, mungkin akan banyak pos pengeluaran yang terjadi. Nah, agar mendapatkan hosting terbaik untuk bisnis yang baru kamu mulai, kamu harus memperhatikan harga paket hosting yang akan kamu beli. Jangan sampai melebihi alokasi pengeluaran yang sudah direncanakan dan mengorbankan pos lain yang juga penting.

Selain itu jangan terburu-buru ketika akan menggunakan layanan hosting karena promo yang ditawarkan. Kulik setiap spesifikasi dan detail yang ada pada paket penjualan tersebut, dan pastikan setiap informasinya benar. Bahasa promo terkadang membuat calon pengguna hosting tergiur, dan kemudian merasa ‘tertipu’ karena apa yang diinginkan tidak dapat terpenuhi sesuai dengan promo yang dibeli.

Menggunakan layanan hosting terbaik nyatanya adalah langkah awal yang benar-benar  sempurna dalam memulai bisnis online. Dengan demikian, setidaknya ‘lapak’ yang kamu miliki sudah siap menyambut klien dan pembeli dan membuat mereka nyaman.

Setelah memahami kriteria hosting terbaik di atas, ada satu hal terakhir yang kamu butuhkan. Koneksi internet cepat dan stabil yang terjamin kualitasnya. Tak lain dan tak bukan adalah Biznet Meronet  yang akan menjadi partner terbaik dalam memulai bisnismu nanti. Dengan jaringan super cepat dan stabil yang dimiliki Biznet Metronet , serta bandwidth besar, akan membuat aktivitas yang kamu lakukan berjalan lancar. Dapatkan paket TV kabel dan internet termurah di kelasnya, dan bergabunglah dengan jaringan super cepat dari Biznet !

#PakeBiznet Lebih Cepat!