• Coverage: 115 Cities
  • 1,511 Subdistrict
  • 3,136 Buildings
  • 815,424 Homepass
logo-biznet
Sekilas Mengenai TV Internet, Kamu Wajib Paham!

Sekilas Mengenai TV Internet, Kamu Wajib Paham!

POSTED ON November 12, 2020
0 people find this helpful

Kebutuhan akan konten yang berkualitas kini semakin tinggi, sehingga setiap elemen produksi harus memutar otak lebih keras. Difasilitasi dengan kemajuan teknologi, konten menarik kini sudah dapat dinikmati secara luas, salah satunya melalui siaran televisi dengan transmisi melalui Internet. TV Internet sendiri kemudian menjadi pilihan banyak orang karena menawarkan banyak hal yang tidak diberikan oleh siaran televisi konvensional.

 

Mungkin untuk kamu yang sudah mengakses dan menikmati tayangan yang disiarkan melalui Internet, kamu merasa sudah tidak perlu lagi membaca atau mencari informasi terkait konsep TV Internet. Padahal jika kamu sedikit menelusuri lebih jauh, proses kerja yang ada di balik tayangan yang tiap hari kamu saksikan cukup menarik lho!

Cara Kerja TV Internet

 

Jika pada siaran televisi analog konten yang sudah diproduksi langsung dipancarkan ke satelit untuk kemudian ditransmisikan ke pengguna atau pemirsa yang ada di rumah, TV Internet memiliki cara kerja yang sedikit berbeda. Karena format file yang digunakan adalah format digital, maka ada proses digitalisasi file terlebih dahulu sebelum kemudian ditransmisikan melalui jaringan Internet. 

 

Jadi produksi dilakukan seperti biasa. Kemudian setelah selesai dan siap tayang, file konten akan dikonversi menjadi bentuk file digital. File digital sendiri memiliki kelebihan dimana ukuran file-nya jauh lebih ringkas, namun memiliki kualitas gambar dan video yang jauh lebih tinggi. Artinya, kualitas dari konten yang disiarkan bisa dimaksimalkan tanpa harus menyesuaikan dengan kapasitas penyiaran.

 

Nantinya konten ini tidak akan membebani pembuat konten atau penyiar, melainkan akan dilimpahkan pada user. Selama Internet yang dimiliki user cukup cepat dan stabil, maka tayangan yang disaksikan bisa maksimal. Idealnya kini tayangan disiarkan dalam format 4K, sehingga menawarkan kejernihan gambar dan kualitas video setara yang ditayangkan di studio bioskop.

 

Nah, file kemudian diunggah ke sistem cloud sehingga dapat diakses oleh pengguna yang sudah mendapatkan izin. Disini juga letak perbedaan dengan televisi konvensional, dimana setiap orang memiliki akses pada konten yang disiarkan selama sinyal transmisi bisa diterima oleh antena yang dimiliki.

 

Pada TV Internet berbayar, untuk mendapatkan akses kamu harus berlangganan paket yang disediakan. Setelah itu kamu akan mendapatkan username dan access code untuk masuk ke layanan TV Internet yang kamu pakai. Dan selesai, kamu sudah bisa menikmati konten yang dimiliki TV Internet tersebut secara bebas atau sesuai dengan ketentuan yang ada di paket tersebut.I

Internet yang Cepat dan Stabil

 

Karena TV Internet menjadikan Internet sebagai media transmisi utama, maka untuk dapat menikmati tayangan dalam kualitas terbaik, syarat utamanya adalah kamu memiliki jaringan Internet yang cepat dan stabil. Misalnya, untuk video pada kualitas 4K, tentu kecepatan Internet harus bisa mengimbangi pengunduhan file tersebut.

 

Apa yang terjadi jika kecepatan Internet tak bisa mengimbangi streaming yang dilakukan? Maka kamu akan mengalami buffering atau penundaan tayangan sampai file tersebut berhasil diunduh sebagian atau seluruhnya. Di sinilah mungkin salah satu letak kelemahan dari TV Internet, yang memiliki syarat utama Internet cepat dan stabil.

 

Tapi sebenarnya kamu tidak perlu cemas. Kebanyakan TV Internet berbayar dan premium sudah memiliki layanan Internet pendukung yang memadai. Penjualan paket atau bundle yang ditawarkan sudah sekaligus dengan jaringan Internet berkecepatan tinggi dan stabil, sehingga setiap tayangan yang ada di layanan IPTV tersebut bisa dinikmati dengan optimal.

Layanan TV Internet Berbayar, untuk Pengalaman Menonton Terbaik

 

Jika kamu sudah cukup lama berpetualang di dunia Internet, konsep TV Internet bukan lagi menjadi sesuatu yang baru. Mulai layanan berbayar hingga layanan yang sepenuhnya gratis bisa ditemukan, tergantung keperluan apa yang ingin kamu lakukan. Meski demikian tetap direkomendasikan layanan TV Internet berbayar, agar kamu dapat menikmati tayangan di kualitas terbaik dan tanpa gangguan.

 

Apakah kemudian TV Internet gratis tidak bisa memberikan keseruan yang sama? Sedikit banyak bisa dikatakan demikian. Memang tidak ada biaya yang harus kamu keluarkan, jika dilihat dari segi ekonomi. Tapi terpaan iklan, kualitas tayangan yang hanya mencapai 720p (maksimal), dan resiko kebocoran data selalu mengingati. Dengan demikian, apakah kamu masih berminat menggunakan layanan gratis?

 

Sebenarnya sah-sah saja jika kamu menggunakan layanan gratis. Toh layanan tersebut tidak pernah hilang dan bisa menjadi opsi ringkas ketika kamu memerlukan tayangan TV Internet cepat dan tanpa prosedur yang harus dilakukan.

 

Namun untuk pengalaman terbaik menikmati TV Internet, layanan IPTV premium adalah solusinya. Dengan fitur lengkap dan kualitas tayangan terbaik, dijamin pengalaman menonton akan lebih maksimal. Hal ini dikarenakan IPTV berbayar merupakan kanal resmi yang sudah memiliki izin siar, sehingga konten yang dimiliki benar-benar file resmi yang diakses pada server. Apa pilihannya? Tentu Biznet IPTV, yang didukung penuh dengan jaringan Internet super cepat dari Biznet Home!