Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Smartphone Android Kamu Tidak Bisa Mendeteksi WiFi? Inilah Solusinya!

Apr 26, 2023

WiFi sekarang sudah menjadi kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan sehari-hari. Setiap kegiatan pasti akan selalu membutuhkan WiFi agar bisa berjalan dengan baik. Namun sayangnya, ada banyak kendala yang sering terjadi ketika melakukan kegiatan dengan menggunakan WiFi. Salah satunya adalah ketika HP yang tidak bisa mendeteksi WiFi. Biasanya, masalah yang satu ini bersumber dari perangkat smartphone itu sendiri atau router WiFi. Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah ini? Simak langkahnya pada penjelasan berikut.

Hapus Jaringan WiFi yang Tersimpan

Penyebab umum yang banyak terjadi ketika HP tidak bisa mendeteksi WiFi adalah karena perangkat tersebut terlalu banyak menyimpan jaringan WiFi. Saat kamu menggunakan WiFi di tempat umum, secara otomatis sambungan tersebut tersimpan pada perangkat Android kamu. Jika kamu terlalu sering menggunakan WiFi umum di berbagai tempat, tentu saja akan banyak sambungan yang tersimpan.

Banyaknya sambungan yang tersimpan di dalam perangkat smartphone menyebabkan jaringan baru yang akan digunakan tidak dapat masuk atau tersimpan. Secara otomatis HP tidak bisa mendeteksi WiFi baru yang akan digunakan. Untuk mengatasinya, kamu bisa hapus dulu semua jaringan yang tidak digunakan. Setelah itu, refresh jaringan WiFi dan HP kamu akan mendeteksi WiFi yang baru. 

Ubah Setelan Gelombang WiFi

Pada beberapa handphone Android, disediakan dua pilihan gelombang WiFi; 2.4 GHz dan 5.8 GHz. Umumnya, WiFi yang ada di restoran, café, kantor, dan rumah, disetel pada frekuensi 2.4 GHz. Jika HP-kamu tidak bisa mendeteksi dan terhubung ke jaringan WiFi, bisa jadi karena setelan gelombang WiFi nya tidak sama. Oleh sebab itu, kamu harus mengatur gelombang WiFi pada frekuensi 2.4 Ghz atau yang lebih amannya diatur pada setelan otomatis. Dengan begitu, WiFi yang ada di sekitar bisa terdeteksi oleh HP.

Reset Router WiFi

Masalah HP yang tidak bisa mendeteksi WiFi terkadang juga bersumber dari router wireless yang tidak memiliki sambungan stabil. Jika itu adalah WiFi milik pribadi di rumah, lakukan reset router. Setelah itu, coba kembali sambungkan HP Android ke jaringan WiFi. Jika sumber masalah memang pada router WiFi, maka setelah proses reset HP akan otomatis mendeteksinya.

Reset HP

Bila beberapa cara di atas sudah kamu coba namun belum berhasil, maka coba untuk reset HP kamu. Terutama jika kamu sudah reset router WiFi namun tetap tidak bisa terdeteksi. Terkadang, saat kamu sudah reset router, HP tetap tidak bisa mendeteksi jaringan WiFi. Padahal, di perangkat lain WiFi tersebut terdeteksi. Jika memang kondisinya demikian, maka reset HP adalah cara ampuh untuk memulihkannya.

Tentunya, masalah WiFi yang tidak bisa terhubung ke HP juga bisa disebabkan oleh jaringan Internet yang tidak stabil. Dan untuk menghindari hal ini, solusinya kamu bisa memilih provider Internet terbaik yaitu Biznet Home. Dengan jaringan luas dan koneksi Internet yang cepat dan stabil, semua kegiatan dan aktivitas digital kamu dijamin jadi makin lancar. Segera kunjungi https://biznethome.net, lihat paket penawarannya, dan dapatkan paket terbaik untuk kamu!

#PakeBiznet Lebih Cepat!