Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Tahukah Kamu Apa Itu Komunikasi Daring? Cek Di Sini Penjelasan Lengkapnya

Apr 12, 2023

Kata “daring” sendiri merupakan singkatan atau akronim. Kepanjangan daring adalah ‘dalam jaringan’. Walaupun dijelaskan sebagai sebuah singkatan, sebenarnya daring merujuk kepada istilah online. Jadi daring merupakan kata bahasa Indonesia untuk menggantikan kata online itu. Inilah mengapa kamu sering melihat daring di berbagai tulisan yang berhubungan dengan teknologi Internet. Termasuk artikel ini juga.

Saat ini daring menjadi satu kata yang semakin relevan. Di tengah kondisi seperti sekarang ini, sudah pasti seluruh aktivitas disarankan untuk dilakukan di rumah saja seperti bekerja dari rumah atau Work From Home. Dengan begitu, maka kamu akan sering melakukan aktivitas daring menggunakan laptop atau smartphone  untuk bekerja maupun belajar.

Setelah kamu paham tentang apa itu daring, kamu juga perlu untuk memahami tipe komunikasi daring yang memiliki makna tertentu di dunia komputer dan telekomunikasi. Pengertian tipe komunikasi daring dibagi menjadi dua, yaitu komunikasi sinkron dan komunikasi asinkron.

Tipe komunikasi sinkron adalah komunikasi yang menggunakan perangkat seperti komputer, smartphone, serta alat bantu lainnya yang terhubung melalui jejaring komputer dan digunakan sebagai media perantara. Komunikasi sinkron bisa terjadi karena kedua orang yang sedang berkomunikasi dari jarak jauh, memiliki waktu yang sama atau real-time.

Selanjutnya, tipe komunikasi asinkron adalah tipe komunikasi yang bertolak belakang dengan tipe komunikasi sinkron. Perbedaan keduanya terlihat jelas dari penggunaan waktu yang dilakukan untuk berkomunikasi. Misalnya adalah ketika para siswa menggunakan sistem pembelajaran melalui aplikasi pesan singkat seperti whatsapp atau aplikasi berbasis Internet tanpa harus tatap muka secara real-time.

Setelah memahami apa itu daring dan kedua tipe komunikasi daring, berikut ini adalah beberapa jenis komunikasi daring lainnya yang perlu kamu ketahui.

Komunikasi Sinkron Video Call

Video call merupakan jenis komunikasi daring sinkron yang biasa digunakan sebagai sistem pembelajaran secara real-time. Komunikasi sinkron video call menggunakan video call untuk berkomunikasi dengan memanfaatkan jaringan terhubung melalui jejaring komputer Internet melalui layar smartphone atau layar komputer dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga seperti Zoom & Google Meet.

Komunikasi Asinkron Video

Berbeda dengan jenis komunikasi sinkron video call, dengan komunikasi asinkron video, kamu hanya bisa berbagi rekaman video kepada lawan bicara. Jadi bisa diartikan bahwa dengan komunikasi asinkron video ini kamu tidak bisa secara langsung mengetahui keadaan lawan bicara kamu.

Komunikasi Sinkron Chat

Jenis komunikasi sinkron lainnya adalah jenis komunikasi yang dilakukan untuk berbagi pesan chat ataupun obrolan dalam bentuk teks dengan lawan bicara. Kamu pasti familiar dengan berbagai platform penyedia layanan chat seperti whatsapp chat, iMessage, SMS, dan masih banyak lagi. Komunikasi melalui chat saat ini pun juga menjadi sarana kegiatan belajar mengajar untuk pembelajaran daring yang biasa dilakukan di kala pandemi seperti ini.

Berbicara mengenai teknologi jaringan Internet, sekarang telah hadir solusi terbaik Internet untuk kamu. Solusinya adalah Biznet Home!

Internet yang disediakan oleh Biznet Home merupakan jaringan Internet yang cepat dan stabil, karena didukung dengan infrastruktur Fiber Optic tercanggih. Dengan kualitas layanan yang handal, cakupan area yang luas, serta layanan konsumen yang benar-benar berdedikasi pada kepuasan konsumen, Biznet dapat memberikan pengalaman terbaik pada setiap pelanggan, agar dapat ber-Internet dengan leluasa dan optimal. Segera bergabung dengan layanan Internet cepat dan stabil dari Biznet Home, dan dapatkan pengalaman terbaik saat terhubung ke Internet!

#PakeBiznet Lebih Cepat!