Biznet | Internet Fiber Tercepat & TV Kabel Berkualitas 4K

Tips Cara Live Streaming Game di Youtube dengan Mudah

Apr 25, 2023

Selain bermain, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menikmati sebuah game. Salah satunya adalah dengan menonton live streaming game. Bagi para penonton, mereka akan bisa menonton secara langsung game yang sedang dimainkan. Sedangkan untuk orang yang sedang melakukan live streaming alias streamer, mereka akan mendapatkan audiens sekaligus orang-orang yang akan menemaninya ketika bermain game. Bagi kamu yang ingin jadi streamer, maka kamu harus tahu cara live streaming game di YouTube dengan mudah berikut ini.

Fitur live streaming awalnya hanya tersedia untuk beberapa partner YouTube di tahun 2009. Tes dilakukan secara bertahap hingga pada tahun 2017, barulah fitur ini bisa digunakan oleh publik bersamaan dengan fitur super chat nya.

Sebelum bisa melakukan live streaming, ada syarat yang harus kamu penuhi, salah satunya akun yang sudah diverifikasi melalui SMS atau telepon. Jika hal ini sudah kamu lakukan, maka kamu akan bisa memulai live streaming dari komputer. Jika kamu ingin memulai live streaming dari HP maka ada syarat tambahan yaitu kamu harus memiliki 1,000 subscriber. Pastikan juga fitur live streaming sudah kamu ubah menjadi enabled.

Kini, mari kita mulai mempelajari cara live streaming game di YouTube, untuk mendukung kegiatan ini, ada satu lagi software yang harus kamu miliki yaitu OBS, software ini akan memudahkan kamu membagikan layar/gambar dan audio dimana kamu sedang memainkan game tersebut. Jika sudah, ikuti langkah-langkah ini.

Buka YouTube Live Streaming Dashboard

Menu ini bisa kamu temukan pada ikon kamera di sebelah kanan atas, dengan memilih opsi go live.

Buka Advanced Settings

Disini kamu akan bisa mengisi judul, deskripsi, tag dan kategori. Gunakan judul yang menarik untuk bisa menarik perhatian dari penonton kamu.

Buka OBS

Disini kamu akan masuk dalam menu settings lalu stream. Setelah itu pilih Custom Streaming Server, masukan URL dan Stream Key yang didapat dari YouTube Live Streaming Dashboard.

Atur Apa Saja yang Akan Ditampilkan Dalam Streaming Kamu

Untuk melakukan hal ini, kamu akan memilih opsi Add Scenes lalu Add Source. Disinilah kamu bisa mengatur apa saja yang akan ditampilkan, Untuk live stream game kamu bisa menambahkan:

1. Game Capture

Untuk menampilkan layar komputer kamu kedalam live streaming di YouTube. Berupa layar yang sedang menampilkan game tersebut.

2. Audio

Untuk sumber suara dalam live streaming, seperti microphone.

3. Video Capture Device

Kamu bisa memanfaatkan pilihan ini untuk menampilkan face cam.

Mulai Stream

Kamu bisa menekan atau memilih opsi start stream untuk memulai kegiatan live streaming game.

Nah, seperti itulah cara live streaming game di YouTube yang ternyata tidak terlalu sulit. Untuk bisa live streaming ataupun menonton YouTube dengan lancar, pastinya  kamu akan membutuhkan Internet yang cepat dan stabil. Nah, kamu bisa pilih Provider Internet terbaik yang ada saat ini yaitu Biznet Home. Dengan kualitas Internet yang cepat dan stabil, lengkap dengan layanan konsumen yang ramah serta selalu siap membantu, kamu bisa mendapatkan pengalaman ber-Internet yang benar-benar maksimal. Dengan pasang WiFi dari Biznet Home, setiap aktivitas akan bisa dilakukan dengan baik dan lancar termasuk live streaming game di YouTube.

#PakeBiznet Lebih Cepat!